E-COMMERCE

Sambut Hari Disabilitas Internasional, Shopee Buat Pelatihan Bisnis Digital Shopee bagi Teman Tuli

Kompas.com - 03/12/2021, 08:07 WIB
Sejumlah teman Tuli Solo dari Gerkatin Solo mengikuti kelas pelatihan bisnis digital di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, Sabtu (9/10/2021). Dok. IstimewaSejumlah teman Tuli Solo dari Gerkatin Solo mengikuti kelas pelatihan bisnis digital di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, Sabtu (9/10/2021).

KOMPAS.com – Shoppe bekerja sama dengan Komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kota Surakarta mengadakan pelatihan bisnis digital bagi teman tuli di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Pelatihan telah dilakukan pada Sabtu (9/10/2021). 

Pelatihan tersebut diselenggarakan agar para teman tuli dapat memulai bisnis secara online dan menjadi calon pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berdaya. Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Teman tuli yang menjadi peserta terlihat antusias saat mengikuti kelas pelatihan yang diberikan oleh trainer Dias Bahary. Didampingi juru bahasa isyarat untuk berkomunikasi, para peserta terlihat antusias dan memiliki semangat tinggi untuk mengenal bisnis digital.

“Mereka banyak bertanya hingga akhirnya bisa mempraktikkan langsung apa yang telah saya jelaskan,” ujar Dias.

Baca juga: Usai Dapat Kesempatan Dialog dengan Jokowi, Asror Ikuti Pelatihan di Kampus UMKM Shopee Solo

Melatih teman tuli menjadi pengalaman pertama yang dilakukan Dias sebagai trainer kelas di Kampus UMKM Ekspor Solo. Ia pun memastikan para peserta sudah memahami materi yang disampaikannya melalui juru bahasa isyarat.

Peserta yang mengikuti kelas tersebut mempelajari beragam materi, mulai dari konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan di e-commerce, hingga mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan. Tak ketinggalan, peserta juga dilatih untuk menggunakan fitur-fitur pendukung penjualan yang efektif.

Setelah sesi pelatihan kelas, para peserta diajak Dias untuk melihat langsung sejumlah fasilitas dan layanan yang tersedia di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, seperti studio foto untuk melakukan foto katalog produk, ruang live streaming, dan pusat ekspor untuk informasi seputar program ekspor.

Sejumlah teman Tuli sedang mendengarkan penjelasan dari trainer yang didampingi juru bahasa isyarat mengenai fasilitas dan layanan yang ada di Kampus UMKM Shopee Solo.Dok. Istimewa Sejumlah teman Tuli sedang mendengarkan penjelasan dari trainer yang didampingi juru bahasa isyarat mengenai fasilitas dan layanan yang ada di Kampus UMKM Shopee Solo.

Selanjutnya, terdapat juga pusat edukasi yang berisikan informasi seputar jadwal pelatihan dan dapat dipilih oleh para pelaku UMKM, serta simulasi gudang untuk manajemen stok produk yang baik.

Menurut Ketua Gerkatin Solo Galih Saputro, pelatihan dan pendampingan bisnis digital yang diberikan Shopee bagaikan oase bagi teman-teman tuli. Kegiatan tersebut merupakan kali pertama bagi teman tuli #Gerkatin Solo.

“Saya melihat teman-teman begitu tertarik pada materi yang diberikan. Saya senang wawasan kami menjadi bertambah. Trainer menjelaskan dengan sangat inklusif sehingga membuat kami nyaman dan mudah paham mempelajarinya,” ujar Galih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.