Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Sambut Hari Disabilitas Internasional, Shopee Buat Pelatihan Bisnis Digital Shopee bagi Teman Tuli

Kompas.com - 03/12/2021, 08:07 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Shoppe bekerja sama dengan Komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kota Surakarta mengadakan pelatihan bisnis digital bagi teman tuli di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Pelatihan telah dilakukan pada Sabtu (9/10/2021). 

Pelatihan tersebut diselenggarakan agar para teman tuli dapat memulai bisnis secara online dan menjadi calon pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berdaya. Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Teman tuli yang menjadi peserta terlihat antusias saat mengikuti kelas pelatihan yang diberikan oleh trainer Dias Bahary. Didampingi juru bahasa isyarat untuk berkomunikasi, para peserta terlihat antusias dan memiliki semangat tinggi untuk mengenal bisnis digital.

“Mereka banyak bertanya hingga akhirnya bisa mempraktikkan langsung apa yang telah saya jelaskan,” ujar Dias.

Baca juga: Usai Dapat Kesempatan Dialog dengan Jokowi, Asror Ikuti Pelatihan di Kampus UMKM Shopee Solo

Melatih teman tuli menjadi pengalaman pertama yang dilakukan Dias sebagai trainer kelas di Kampus UMKM Ekspor Solo. Ia pun memastikan para peserta sudah memahami materi yang disampaikannya melalui juru bahasa isyarat.

Peserta yang mengikuti kelas tersebut mempelajari beragam materi, mulai dari konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan di e-commerce, hingga mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan. Tak ketinggalan, peserta juga dilatih untuk menggunakan fitur-fitur pendukung penjualan yang efektif.

Setelah sesi pelatihan kelas, para peserta diajak Dias untuk melihat langsung sejumlah fasilitas dan layanan yang tersedia di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, seperti studio foto untuk melakukan foto katalog produk, ruang live streaming, dan pusat ekspor untuk informasi seputar program ekspor.

Sejumlah teman Tuli sedang mendengarkan penjelasan dari trainer yang didampingi juru bahasa isyarat mengenai fasilitas dan layanan yang ada di Kampus UMKM Shopee Solo.Dok. Istimewa Sejumlah teman Tuli sedang mendengarkan penjelasan dari trainer yang didampingi juru bahasa isyarat mengenai fasilitas dan layanan yang ada di Kampus UMKM Shopee Solo.

Selanjutnya, terdapat juga pusat edukasi yang berisikan informasi seputar jadwal pelatihan dan dapat dipilih oleh para pelaku UMKM, serta simulasi gudang untuk manajemen stok produk yang baik.

Menurut Ketua Gerkatin Solo Galih Saputro, pelatihan dan pendampingan bisnis digital yang diberikan Shopee bagaikan oase bagi teman-teman tuli. Kegiatan tersebut merupakan kali pertama bagi teman tuli #Gerkatin Solo.

“Saya melihat teman-teman begitu tertarik pada materi yang diberikan. Saya senang wawasan kami menjadi bertambah. Trainer menjelaskan dengan sangat inklusif sehingga membuat kami nyaman dan mudah paham mempelajarinya,” ujar Galih.

Bagi teman tuli Gerkatin Solo, lanjutnya, kelas tersebut telah menunjukkan bahwa teknologi saat ini sudah maju dan bisa membuat seseorang berpenghasilan secara mandiri dengan berjualan online.

Baca juga: Hadir di Jakarta, Apa Saja Fasilitas yang Ditawarkan Kampus UMKM Shopee Jakarta?

Hal tersebut dirasakan oleh salah satu peserta, Kristian Andi Setiawan. Ia mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak pelajaran mengenai cara berjualan secara digital mulai dari membuka toko, mengisi katalog, hingga cara promosi produk di Shopee.

“Saya belajar cara membuat deskripsi produk agar konsumen tertarik untuk membeli. Ini sebuah pengetahuan yang penting untuk saya ketahui,” kata Andi.

Setali tiga uang, Chakranovi Mahanini juga mengatakan bahwa kelas yang sudah lama ingin ia ikuti tersebut mengenalkan cara berjualan online.

Ia mengaku, selama ini hanya bermimpi dapat membuka usaha online karena belum menemukan pelatihan yang ramah untuk teman tuli. Selain kendala komunikasi, ia juga ragu akan paham mengenai pembelajaran bisnis digital.

“Setelah di kelas bersama Shopee, saya belajar di sini. Trainer memberikan materi dengan cara yang bisa saya pahami mengenai teknologi digital,” ujarnya.

Sebagai informasi, #KampusUMKMShopee merupakan wadah yang didirikan Shopee bagi para penjual yang ingin mengembangkan diri dan menjadikan UMKM naik kelas. Shopee menyelenggarakan kelas dengan peserta para teman tuli kali ini dalam rangka menyambut #HariDisabilitasInternasional yang jatuh hari ini, Jumat (3/12/2021).

Setelah membuka di Solo, Bandung, Semarang, dan Jakarta, Shopee akan terus menambah jumlah kampus di beberapa daerah lain di Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com