Kartu Debit BCA Diblokir? Ini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Kompas.com - 03/12/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA) Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk telah resmi memblokir penggunaan kartu debit BCA berbasis strip magnetik mulai 1 Desember 2021. Pemblokiran itu selaras dengan Surat Edaran (SE) BI Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Pengguan Personal Identification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Artinya, kartu debit jenis lama itu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk segala jenis transaksi perbankan BCA.

"Kartu (Debit BCA) tanpa cip tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi dan otomatis terblokir," tulis manajemen BCA.

Baca juga: BCA, BNI, Bank Mandiri, dan BRI Sudah Blokir Semua Kartu ATM Magnetik

Meskipun telah diblokir, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, nasabah yang memegang kartu debit BCA berbasis strip magnetik masih bisa menggunakan e-channel BCA, yakni BCA Mobile ataupun KlikBCA.

"Untuk semua e-channel tetap dapat dipergunakan. Baik BCA mobile maupun KlikBCA tetap dapat dipergunakan," kata dia, kepada Kompas.com.

Dengan demikian, nasabah yang belum melakukan penukaran kartu debit BCA strip magnetik, masih bisa melakukan berbagai transaksi esensial seperti cek saldo, transfer, hingga tarik tunai melalui layanan BCA Mobile dan KlikBCA.

Layanan BCA Mobile saat ini sudah dilengkapi oleh berbagai fitur utama. Mulai dari pengecekan informasi, transfer ke bank ataupun non bank, pembayaran, belanja, top-up uang elektronik Flazz, sampai dengan tarik tunai tanpa kartu.

Untuk itu, bagi Anda yang belum menukar kartu debit BCA strip magnetik, dan ingin melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA, BRI, dan BNI

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA

  • Buka menu “Cardless” di BCA mobile, pilih menu “Tarik”
  • Pilih rekening sumber dana dan nominal yang akan ditarik
  • Input PIN m-BCA dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  • Cari ATM Tunai BCA terdekat, dan pilih “Transaksi Tanpa Kartu”
  • Masukan no HP BCA mobile dan 6 digit kode transaksi
  • Ambil uangnya dari ATM dan selesai


Perlu diketahui kode transaksi hanya berlaku selama satu jam setelah pengguna mendapatkan kode tersebut melalui BCA Mobile.

Sebagai informasi, walaupun telah diblokir sepenuhnya, BCA masih memfasilitasi nasabah untuk melakukan penukaran kartu debit BCA berbasis magnetik strip melalui berbagai layanan perbankan.

Baca juga: Kartu ATM Magnetik Diblokir BCA, Ini yang Perlu Dilakukan Nasabah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.