Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Pertamina Hulu Energi Kuasai 51 Persen Saham Elnusa

Kompas.com - 03/12/2021, 18:20 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi membeli 9,9 persen saham PT Elnusa Tbk dari Dana Pensiun Pertamina (DPP). Dengan adanya transaksi ini, PHE menjadi pemegang saham mayoritas Elnusa sebesar 51 persen.

Direktur Utama Elnusa  Ali Mundakir mengatakan, aksi korporasi itu merupakan salah satu komitmen PT Pertamina (Persero) dalam pembentukan subholding upstream Pertamina, serta penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu migas.

"Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional subholding upstream ke Elnusa sebagai pemegang saham pengendali," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Dukung Pertamina di Sultra, Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Kolaka

Melalui aksi koporasi itu, Elnusa optimistis dapat mempertahankan posisi sebagai perusahaan nasional jasa energi di Indonesia yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan.

"Kami memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi mulai dari hulu sampai hilir," ujar Ali.

Dengan adanya penguatan bisnis tersebut, Ali mengklaim, pihaknya mampu meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.

"Kami siap berkolaborasi dan terus bersinergi untuk berperan aktif mendukung subholding upstream, Pertamina Group, dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas nasional 1 juta BOPD di tahun 2030 mendatang dengan sangat optimis," ucap dia.

Baca juga: Ada Kenaikan, Simak Daftar Harga BBM Shell dan Pertamina per Desember 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com