Sah, Pertamina Hulu Energi Kuasai 51 Persen Saham Elnusa

Kompas.com - 03/12/2021, 18:20 WIB
Potret gedung Elnusa Dok. ElnusaPotret gedung Elnusa

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi membeli 9,9 persen saham PT Elnusa Tbk dari Dana Pensiun Pertamina (DPP). Dengan adanya transaksi ini, PHE menjadi pemegang saham mayoritas Elnusa sebesar 51 persen.

Direktur Utama Elnusa  Ali Mundakir mengatakan, aksi korporasi itu merupakan salah satu komitmen PT Pertamina (Persero) dalam pembentukan subholding upstream Pertamina, serta penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu migas.

"Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional subholding upstream ke Elnusa sebagai pemegang saham pengendali," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Dukung Pertamina di Sultra, Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Kolaka

Melalui aksi koporasi itu, Elnusa optimistis dapat mempertahankan posisi sebagai perusahaan nasional jasa energi di Indonesia yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan.

"Kami memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi mulai dari hulu sampai hilir," ujar Ali.

Dengan adanya penguatan bisnis tersebut, Ali mengklaim, pihaknya mampu meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.

"Kami siap berkolaborasi dan terus bersinergi untuk berperan aktif mendukung subholding upstream, Pertamina Group, dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas nasional 1 juta BOPD di tahun 2030 mendatang dengan sangat optimis," ucap dia.

Baca juga: Ada Kenaikan, Simak Daftar Harga BBM Shell dan Pertamina per Desember 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.