Kompas.com - 03/12/2021, 19:16 WIB
Berapa gaji tukang parkir pesawat atau gaji juru parkir pesawat KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOBerapa gaji tukang parkir pesawat atau gaji juru parkir pesawat

KOMPAS.com - Berapa gaji tukang parkir pesawat atau biasa juga disebut marshaller? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan di antara para pekerja di bidang aviasi. 

Gaji tukang parkir pesawat atau gaji juru parkir pesawat di beberapa negara memang menggiurkan. Ini karena tugas seorang marshaller begitu vital dalam pengaturan lalu lintas pesawat di bandara.

Tugasnya seorang marshaller adalah memberikan komando kepada pilot saat memarkirkan pesawat setelah mendarat di bandara. Selain harus mengantongi sertifikat, mereka sudah dilatih dan dituntut punya kecepatan dan ketepatan saat memandu pilot.

Lalu berapa gaji tukang parkir pesawat?

Baca juga: Intip Gaji Polisi Pangkat Bintara, dari Bripda hingga Aiptu

Gaji tukang parkir pesawat

Mengutip laman Ziprecruiter, gaji tukang parkir pesawat di dunia rata-rata adalah 21 dollar AS per jam atau jika dirupiahkan adalah Rp 302.500 per jam (kurs Rp 14.400).

Simak gaji tukang parkir pesawat atau gaji juru parkir pesawatKOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Simak gaji tukang parkir pesawat atau gaji juru parkir pesawat

Di Amerika Serikat (AS), Ziprecruiter pernah melakukan survei bahwa gaji tukang parkir pesawat adalah sebesar 43.861 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 631.98 juta. 

Namun demikian, angka tersebut tak bisa jadi patokan untuk gaji tukang parkir pesawat di setiap negara, karena gaji juru parkir pesawat relatif bervariasi. 

Ini karena gaji tukang parkir pesawat di AS sendiri juga sangat bergantung pada lokasi bandara, perusahaan maskapai, jam kerja, dan pengalaman. 

Sebagai contoh, gaji tukang parkir pesawat di Bandara San Francisco adalah sebesar 25 dollar AS per jam, Bandara Freemont sebesar 24 dollar AS per jam, dan Bandara Tanaina sebesar 23 dollar AS per jam. 

Lalu berapa gaji tukang parkir pesawat di bandara-bandara Indonesia? 

Dirangkum dari berbagai sumber, gaji tukang parkir pesawat di Tanah Air adalah berkisar antara Rp 4 juta sampai dengan Rp 7 juta per bulan. 

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat atau marshaller?KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat atau marshaller?

Baca juga: Gaji PNS Golongan I hingga Golongan IV Tahun 2021

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.