Kompas.com - 04/12/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi Tokopedia Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia meluncurkan fitur voice over.  Fitur ini memudahkan difabel, khususnya tuna netra, berbelanja kebutuhannya di platform Tokopedia.

Engineering Manager Tokopedia Ferico Samuel mengatakan, pihaknya berharap bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk kaum difabel dalam memenuhi kebutuhannya.

"Khususnya kepada difabel, akses digital dalam beragam kebutuhan menjadi lebih mudah. Apalagi, selama pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat ke luar rumah menjadi berkurang dan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, difabel pun banyak mengandalkan layanan digital," ujar Ferico saat jumpa pers virtual, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman lewat Fitur Dana Instan Tokopedia

Lebih lanjut Ferico menjelaskan, ide fitur ini muncul pada Februari 2021 yang dimana dia melihat banyak keluhan yang ditemukan dari para difabel yang merasa kesulitan ketika berbelanja kebutuhan

Kemudian tak selang berapa lama, Tokopedia menguji coba fitur voice over dan kini bisa digunakan di aplikasi.

"Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan informasi berupa suara dari perangkat yang mendeskripsikan konten-konten di aplikasi Tokopedia," jelas Ferico.

"Misalnya, saat pengguna difabel masuk ke aplikasi, fitur voice over akan memberi tahu melalui suara menu yang ada. Kemudian saat pengguna ingin berbelanja, fitur tersebut akan memberikan informasi detail seperti deskripsi produk dan harga," sambung Ferico.

Ke depan Tokopedia juga akan mengembangkan lebih banyak lagi fasilitas yang memudahkan difabel dalam mengakses platform. Misalnya, Tokopedia ingin mengembangkan fitur pemindai gambar.

"Kami akan eksplorasi terus fitur lain ke depan berdasarkan masukan dari pengguna," ungkap Ferico.

Menurut dia, memang sudah banyak disabilitas netra yang menggunakan aplikasi voice over tersendiri di gadget mereka. Namun dengan fitur tersebut, difabel akan semakin jelas mendapatkan informasi tentang barang yang akan dibelanjakannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.