Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappenas Buat Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Untuk Apa?

Kompas.com - 04/12/2021, 11:08 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) meluncurkan peta jalan dan master plan untuk mendorong pemulihan ekonomi di Bali.

Peta jalan yang diluncurkan Jumat (3/12/2021) itu, disebut Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ubud, Tegallalang, dan Payangan (Ulapan).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, peta jalan dan master plan tersebut merupakan bentuk penerjemahan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyusun Redesain Transformasi Ekonomi Indonesia sebagai bagian penting dari agenda pembangunan Indonesia.

Baca juga: Mengejar Target Pertumbuhan Ekonomi 2021

Menurut dia, pemulihan dan transformasi ekonomi Bali menjadi hal yang krusial, lantaran mengingat peran Bali sebagai barometer pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Dokumen ini diharapkan dapat membantu Bali untuk pulih dan tumbuh cepat, berlandaskan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dan semangat Tri Hita Karana," ujar Suharso dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/12/2021).

Ia menyebutkan, dengan transformasi ekonomi Bali yaitu Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru, maka produktivitas tenaga kerja diperkirakan akan meningkat hingga empat kali lipat dan ekonomi tumbuh rata-rata 7,4 persen, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita pun akan meningkat hingga 8 kali lipat.

Selain itu, tingkat kemiskinan ditargetkan akan menurun 0,18 persen, tingkat pengangguran menurun ke level 0,50 persen, serta akan tercipta sustainable living yang didukung peningkatan produk hijau dan pekerjaan ramah lingkungan atau green jobs.

Suharso menjelaskan, sasaran-sasaran tersebut dicapai melalui enam strategi besar transformasi ekonomi Bali, yakni Bali Pintar dan Sehat, Bali Produktif, Bali Hijau, Bali Terintegrasi, Bali Smart Island, serta Bali Kondusif.

Khusus untuk strategi Bali Produktif, diperkuat melalui Master Plan Ulapan yang merupakan kawasan berbasis zonasi dengan pengembangan berbasis relasi wisata-pertanian-lingkungan, rencana rekayasa sosial, rencana rekayasa budaya, arahan tata ruang wilayah, rencana infrastruktur pendukung, dan rencana aksi.

"Saya berharap, dokumen peta jalan ini dapat direplikasi provinsi lain untuk mendesain ulang perencanaan jangka panjang pasca pandemi Covid-19, menuju Visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Baca juga: BI: Negara Maju dan Berkembang Punya Kecepatan Pemulihan Ekonomi Berbeda

Pada kesempatan peluncuran peta jalan di Three Mountains, Kura Kura Bali itu, dihadiri pula oleh Presiden Jokowi, yang menyebutkan terdapat tiga hal yang menjadi catatan dalam pembangunan Bali.

Pertama, diversifikasi ekonomi, meliputi pariwisata hingga pertanian. Kedua, paradigma dan tata kelola pariwisata harus memprioritaskan kesehatan dan keamanan.

Ketiga, pariwisata Bali bertransformasi dari mass tourism menjadi green tourism serta quality tourism, yang mengusung pariwisata berbasis sosial, budaya, dan lingkungan, mewujudkan harmoni dan memuliakan alam.

“Semangat memuliakan alam, manusia, dan budaya, harus kita teruskan untuk menyongsong masa depan dan kita memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan green economy, ekonomi hijau, ini kekuatan Bali, kekuatan Indonesia,” kata Jokowi.

Baca juga: OECD: Omicron Bisa Perlambat Pemulihan Ekonomi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com