Kompas.com - 04/12/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi contoh nota kredit adalah penting dalam catatan keuangan. freepik.com/chormailIlustrasi contoh nota kredit adalah penting dalam catatan keuangan.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki peran penting dalam proses faktur, nota kredit adalah sesuatu yang cukup sulit dimengerti. Nota kredit digunakan saat terjadi kesalahan dalam proses pembuatan faktur.

Menurut situs Kemendikbud, nota kredit adalah surat bukti terjadinya pengurangan piutang usaha karena ada pengembalian barang yang dibuat oleh penjual. Lembar yang asli diberikan kepada pembeli sedangakan salinannya disimpan oleh penjual.

Jadi nota kredit adalah dokumen hukum seperti halnya faktur, yang dapat memberi kemampuan penting untuk membatalkan faktur yang sudah diterbitkan baik seluruhnya atau hanya sebagian.

Dilansir dari gocardless.com, menerbitkan nota kredit dapat menghapus jumlah faktur dari catatan keuangan perusahaan, namun tanpa benar-benar menghapus faktur tersebut.

Seperti diketahui, menghapus faktur mungkin melanggar hukum di negara-negara di mana bisnis diwajibkan mempertahankan jejak audit yang kredibel.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Untuk itu, di sinilah fungsi contoh nota kredit yakni untuk memperbaiki kesalahan dalam faktur yang sudah terlanjur diterbitkan.

Singkatnya, contoh nota kredit dapat digunakan dalam keadaan apa pun yang mengharuskan faktur diubah dan diterbitkan kembali.

Nota kredit biasanya terikat dengan faktur yang ada tapi dapat diterbitkan secara terpisah untuk digunakan terhadap faktur lain di masa mendatang.

Menerbitkan nota kredit adalah harus menjaga urutan nomor faktur tetap utuh agar catatan keuangan perusahaan tetap jelas dan terorganisir.

Misalnya, jika faktur asli yang salah adalah langkah pertama, maka nota kredit akan menjadi langkah kedua. Kemudian faktur berikutnya yang akan diterbitkan adalah langkah ketiga.

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

Nota kredit adalah penting untuk perusahaan.Dok. Pexel.com Nota kredit adalah penting untuk perusahaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.