KILAS

Berikan Kuliah Umum untuk Politeknik IMIP, Menaker: Era 4.0 Dorong Perkembangan Sektor Industri

Kompas.com - 04/12/2021, 14:33 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat menyampaikan kuliah umum untuk Politeknik Industri Logam Morowali (PILM) di Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021). Dok. KemenakerMenaker Ida Fauziyah saat menyampaikan kuliah umum untuk Politeknik Industri Logam Morowali (PILM) di Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan gambaran mengenai perkembangan teknologi dunia yang semakin cepat sejak lahirnya revolusi industri 4.0.

Hal tersebut ia ungkapkan saat memberikan kuliah umum untuk Politeknik Industri Logam Morowali (PILM) di Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) atau dikenal sebagai Politeknik IMIP , Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).

Menurut Ida, era 4.0 membawa transformasi dalam segala sisi, khususnya sektor industri. Hal ini disebabkan oleh perkembangan yang sangat pesat dalam sektor teknologi.

Baca juga: Transfer Teknologi TKA, Ini Manfaatnya bagi Tenaga Kerja Indonesia

“Revolusi industri mengakibatkan banyak pekerjaan yang tumbuh dan berkembang. Namun, tidak sedikit pekerjaan yang hilang. Pertumbuhan skill yang dibutuhkan antar sesama pekerja semakin kompetitif,” paparnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Ida juga mengingatkan bahwa peluang besar dari bonus demografi Indonesia akan terjadi pada 2030. Ini akan menjadi peluang bagi Indonesia Emas, seperti Jepang dan Korea Selatan.

“Untuk itu, setiap individu diharapkan memiliki daya saing dan kompetensi yang mumpuni. Kalau tidak memiliki dua hal tersebut akan menjadi beban,” ujar Ida.

Sebagai informasi, PILM merupakan institusi yang didirikan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca juga: Lewat Transformasi Perluasan Kesempatan Kerja, Kemenaker Kembangkan Kewirausahaan Efektif

PILM mengusung visi untuk menjadi unit pendidikan tinggi vokasi yang unggul, beretika, dan mampu bersaing di era global sebagai pelopor bagi pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) serta teknologi sektor industri logam.

Adapun PILM memiliki tiga program studi jenjang Diploma-3 (DIII), yaitu Teknik Perawatan Mesin, Teknik Kimia Mineral, serta Teknik Listrik dan Instalasi.

PILM membatasi kualitasnya dengan hanya menerima 96 orang mahasiswa pada setiap angkatan dengan setiap jurusannya 32 orang mahasiswa. Semua mahasiswa PILM tersebut diberikan beasiswa untuk mengikuti pendidikan hingga fasilitas penginapan dan makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.