Kompas.com - 04/12/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi uang adalah alat pembayaran yang sah. SHUTTERSTOCK/ACEP SAPRUDINIlustrasi uang adalah alat pembayaran yang sah.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengertian uang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah alat tukar yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

Dalam buku Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan (2008) karya Frederic S Mishkin, apa itu uang sebagai sesuatu yang secara umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa atau pembayaran atas utang.

Jauh berabad-abad lalu sebelum adanya apa itu uang, manusia mendapatkan sesuatu yang diinginkan dengan melakukan barter dengan barang atau jasa.

Namun sistem barter tersebut membuat transaksi sulit menemukan titik sepakat karena nilai pertukaran barang atau jasa yang berbeda.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Uang Elektronik

Selama berabad-abad, berbagai benda dipakai sebagai alat pertukaran seperti kulit kerang, batu permata, gading, telur, garam, beras, binatang ternak, atau benda-benda lainnya.

Hingga timbulah kebutuhan akan alat penukar yang pasti. Dalam perkembangan selanjutnya masyarakat menggunakan benda-benda seperti logam dan kertas sebagai pngertian uang.

Kementerian Keuangan dalam laman resminya menulis, mulanya pengertian uang berfungsi sebagai alat penukar atau pembayaran.

Namun seiring perkembangan peradaban manusia, uang juga berfungsi sebagai alat penyimpan nilai, satuan hitung, dan ukuran pembayaran yang tertunda.

Baca juga: Pengertian Retribusi dan Contohnya

Sejarah uang di Indonesia

Sebelum berbentuk pengertian uang elektronik yang mudah dibawa kemana pun seperti saat ini, apa itu uang terus mengalami evolusi dari koin, kertas, dan plastik.

Apa itu uang tertua di Indonesia berupa uang logam dari zaman Hindu-Budha di Jawa yang terbuat dari perak.

Bentuknya cembung, sisi depan bergambar pot bunga, dua tangkai bunga, dan garis-garis lekuk sekitarnya seperti ruang asap.

Sedangkan pada sisi belakang uang adalah terdapat bunga lotus mekar terletak di dalam garis berbentuk persegi empat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.