KILAS

Pastikan Layanan Lancar, TelkomGroup Lakukan Rerouting Jaringan di Lumajang dan Sekitarnya usai Semeru Erupsi

Kompas.com - 05/12/2021, 13:03 WIB
Jembatan Gladak, Kabupaten Lumajang, puts akibat terjangan banjir lahar dingin dari meletusnya Gunung Semeru sekitar pukul 15.20 WIB, Sabtu (5/12/2021). Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo.Jembatan Gladak, Kabupaten Lumajang, puts akibat terjangan banjir lahar dingin dari meletusnya Gunung Semeru sekitar pukul 15.20 WIB, Sabtu (5/12/2021).

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom segera melakukan antisipasi layanan sehubungan dengan erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Adapun erupsi tersebut menyebabkan infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik Telkom terputus karena Jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Terkait hal tersebut, Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono memastikan bahwa layanan telekomunikasi Telkom dari dan menuju Kabupaten Lumajang tidak terganggu karena dapat dilayani melalui jalur alternatif. Selain itu, sentral telepon otomatis (STO) dan alat produksi lain juga terpantau dalam kondisi aman.

Meski demikian, Pujo tak menampik bahwa sebagian layanan di beberapa lokasi terdampak akibat erupsi Gunung Semeru. Hal ini disebabkan oleh padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung karena masyarakat di kawasan itu sedang mengosongkan wilayah untuk mengungsi.

Telkom, lanjut Pujo, telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus di kawasan Lumajang-Malang dengan rute lain.

“Saat ini, kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika ditemukan perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan TelkomGroup agar tetap beroperasi normal," kata Puju dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Pujo melanjutkan, Telkom juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan posko bantuan bagi masyarakat.

“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan. Semoga bencana ini bisa segera berlalu,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.