Hanya Modal Smartphone, Begini Cara Buka Toko di Shopee

Kompas.com - 05/12/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi Shopee. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Shopee.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Cara buka toko di Shopee cukup mudah, bila Anda tak memiliki laptop, Anda tinggal menggunakan handphone.

Dengan melakukan bisnis secara online, Anda tak perlu toko fisik, sehingga modal yang dibutuhkan untuk usaha pun lebih sedikit.

Anda hanya perlu modal untuk membeli persediaan barang yang akan dijual bila Anda menjalankan bisnis sebagai seorang reseller. Atau, bila Anda memproduksi barang sendiri, modal yang dibutuhkan hanya untuk produksi saja.

Baca juga: Cerita Pelaku Usaha Setelah Jadi Mitra Shopee

Bagi Anda yang berminat untuk mengetahui cara buka toko di Shopee lewat HP atau lewat website Shopee, simak langkah berikut seperti dikutip dari laman resmi Shopee:

Buat akun

Untuk mengetahui cara buka toko di Shopee, terlebih dahulu Anda harus membuka akun Shopee dengan cara sebagai berikut:

  1. Anda bisa membuka akun Shopee lewat aplikasi Shopee di handphone Anda, serta melalui situs Shopee. Bila lewat website Shopee, pilih langkah yang perlu dilakukan yakni Mulai Jual atau pilih Seller Centre > klik Buat Akun
  2. Anda bisa daftar menggunakan akun Facebook, Google, Apple, atau klik Daftar untuk mendaftar menggunakan no. handphone.
  3. Jika Anda mendaftar menggunakan no. handphone, mohon masukkan no. handphone, kemudian lakukan verifikasi dan buat password akun Shopee Anda. Verifikasi no. handphone wajib Anda lakukan dilakukan agar Pembeli bisa menemukan produk yang sudah di-upload.
  4. Update username Shopee sesuai yang Anda inginkan dengan klik di sini.

Lengkapi profil

Anda perlu melengkapi profil agar toko Anda dikenali oleh konsumen Anda. Untuk melengkapi profil dalam cara buka toko Shopee, berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda
  2. Pilih 'Saya' lalu 'Toko Saya'
  3. Kemudian, pilih 'Asisten Penjual' > 'Profil Toko' > kemudian lengkapi 'Nama Toko' > 'Deskripsi Gambar' > 'Deskripsi'
  4. Setelah itu klik ikon 'Centang' di pojok kanan atas menu.

Baca juga: Minat Jualan Online? Simak Perbedaan Biaya Admin Shopee dan Tokopedia

Untuk melengkapi profil melalui Seller Centre, berikut caranya:

  1. Pergi ke Seller Centre, pilih 'Profil Toko' > kemudian lengkapi 'Nama Toko' > 'Deskripsi Gambar' > 'Deskripsi' setelah itu klik 'Simpan'.
  2. Pilih nama toko. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.
  3. Masukkan deskripsi gambar. Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko Anda identitas brand yang kuat.
  4. Buat deskripsi toko. Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik Pembeli mengunjungi toko Anda. Anda dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat.

Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula

  1. Lengkapi Profil Toko di Seller Centre atau aplikasi Shopee.
  2. Atur alamat toko melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini.
  3. Atur pengaturan pengiriman toko melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini.
  4. Anda bisa meng-upload produk, mengisi atribut produk dan deskripsi, menyertakan foto produk, dan memilih jasa kirim. Pastikan produk yang Anda upload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.
  5. Anda juga bisa mengikuti berbagai program di Shopee untuk mempromosikan toko dan membantu Anda mendapatkan pesanan pertama.
  6. Setelah mendapatkan pesanan pertama Anda, Anda bisa langsung mengemas dan mengirim produk kepada pembeli.

Baca juga: Cara Mengisi e-Money Mandiri dan Brizzi Lewat Tokopedia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.