Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Soal Rencana 5 Tahun ke Depan

Kompas.com - 05/12/2021, 15:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah ditanya apa rencana 5 tahun ke depan? Ya, pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan HRD maupun user ketika wawancara kerja atau interview.

Biasanya mereka menanyakan hal tersebut untuk melihat visi kamu dalam kurun waktu tersebut. Apakah sejalan dengan tujuan perusahaan atau justru bertolak belakang.

Jawaban pertanyaan rencana 5 tahun ke depan darimu mungkin tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan. Ada juga yang menjawab lebih ke personal atau pribadi.

Misalnya, rencana saya 5 tahun ke depan ingin menikah, membeli rumah, pergi umrah atau naik haji, dan sebagainya. Sementara yang berhubungan dengan karier, ingin jadi manajer perusahaan, membuka usaha, atau lainnya.

Baca juga: Ingin Diterima Kerja? Pakai 6 Strategi Ini saat Interview

Pelamar terkadang menjawab pertanyaan saat wawancara kerja tersebut tanpa persiapan. Artinya, tercetus begitu saja. Padahal kamu harus memikirkan jawaban dari pertanyaan saat interview tersebut agar tepat dan meyakinkan pewawancara.

Berikut jawaban pertanyaan rencana 5 tahun ke depan yang tepat saat interview, seperti dikutip dari Cermati.com:

  • Sesuaikan dengan minat dan kemampuan

Bekerja dalam bidang yang sesuai dengan minat tentu membuat kamu lebih bersemangat. Namun hal ini juga harus ditunjang dengan kemampuan atau keahlian yang dimiliki.

Kamu dapat menjawab pertanyaan rencana 5 tahun ke depan dengan menyesuaikan minat dan keahlian. Sebagai contoh, saya ingin merambah bidang digital marketing, khususnya di bagian copywriter maupun social media officer.

Ini adalah jawaban yang menunjukkan keinginanmu mencoba hal baru sesuai minat dan kemampuan, karena saat ini kamu melamar untuk posisi content writer. Artinya, kamu ingin meningkatkan skill dan pengalaman di bidang yang masih berkaitan.

  • Sampaikan bagaimana kamu akan mengembangkan diri

Selain menangani tugas yang ada nantinya, perusahaan tentu berharap karyawan dapat memberi kontribusi besar. Hal ini dapat dicapai bila kamu mampu mengembangkan skill yang dimiliki saat ini.

Dengan demikian, memungkinkan kamu mengemban lebih banyak tugas di perusahaan ke depannya. Ini menjadi langkah meyakinkan pewawancara.

Contoh jawabannya adalah saya ingin mengikuti kursus atau seminar SEO spesialis, digital marketing, Google Search, social media marketing. Tujuannya untuk menambah skill saya, selain keahlian writing dan editing.

  • Kaitkan dengan strategi untuk mencapai tujuan

Perusahaan menginginkan karyawan yang loyal. Tidak ‘mampir’ dan keluar dalam hitungan bulan saja. Yakinkan pewawancara saat wawancara kerja, jika kamu bukanlah tipe orang seperti itu.

Kamu bisa memberikan jawaban pertanyaan rencana 5 tahun ke depan melalui gambaran karier yang hendak dicapai. Misalnya, ingin menjadi redaktur. Saat ini, melamar untuk posisi reporter.

Kemudian sampaikan strategi apa saja untuk mencapai tujuan tersebut saat proses interview. Sebagai contoh, bukan hanya tekun ketika di lapangan, tetapi juga menjalin relasi dengan banyak narasumber baik dari kalangan direksi perusahaan, pejabat pemerintahan, sehingga memiliki banyak kenalan untuk kebutuhan pemberitaan.

Baca juga: Berhalangan Hadir, Begini Tips Minta Ganti Jadwal Interview ke HRD

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com