Tips Menjawab Pertanyaan Interview Soal Rencana 5 Tahun ke Depan

Kompas.com - 05/12/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi wawancara kerja atau interview FREEPIK/IJEABIlustrasi wawancara kerja atau interview

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah ditanya apa rencana 5 tahun ke depan? Ya, pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan HRD maupun user ketika wawancara kerja atau interview.

Biasanya mereka menanyakan hal tersebut untuk melihat visi kamu dalam kurun waktu tersebut. Apakah sejalan dengan tujuan perusahaan atau justru bertolak belakang.

Jawaban pertanyaan rencana 5 tahun ke depan darimu mungkin tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan. Ada juga yang menjawab lebih ke personal atau pribadi.

Misalnya, rencana saya 5 tahun ke depan ingin menikah, membeli rumah, pergi umrah atau naik haji, dan sebagainya. Sementara yang berhubungan dengan karier, ingin jadi manajer perusahaan, membuka usaha, atau lainnya.

Baca juga: Ingin Diterima Kerja? Pakai 6 Strategi Ini saat Interview

Pelamar terkadang menjawab pertanyaan saat wawancara kerja tersebut tanpa persiapan. Artinya, tercetus begitu saja. Padahal kamu harus memikirkan jawaban dari pertanyaan saat interview tersebut agar tepat dan meyakinkan pewawancara.

Berikut jawaban pertanyaan rencana 5 tahun ke depan yang tepat saat interview, seperti dikutip dari Cermati.com:

  • Sesuaikan dengan minat dan kemampuan

Bekerja dalam bidang yang sesuai dengan minat tentu membuat kamu lebih bersemangat. Namun hal ini juga harus ditunjang dengan kemampuan atau keahlian yang dimiliki.

Kamu dapat menjawab pertanyaan rencana 5 tahun ke depan dengan menyesuaikan minat dan keahlian. Sebagai contoh, saya ingin merambah bidang digital marketing, khususnya di bagian copywriter maupun social media officer.

Ini adalah jawaban yang menunjukkan keinginanmu mencoba hal baru sesuai minat dan kemampuan, karena saat ini kamu melamar untuk posisi content writer. Artinya, kamu ingin meningkatkan skill dan pengalaman di bidang yang masih berkaitan.

  • Sampaikan bagaimana kamu akan mengembangkan diri

Selain menangani tugas yang ada nantinya, perusahaan tentu berharap karyawan dapat memberi kontribusi besar. Hal ini dapat dicapai bila kamu mampu mengembangkan skill yang dimiliki saat ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.