Kompas.com - 05/12/2021, 15:13 WIB
Cara Buka Rekening BNI Untuk Anak Dok. BNICara Buka Rekening BNI Untuk Anak
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Menabung harus diajarkan kepada anak sejak dini agar anak terbiasa untuk melakukannya. Beberapa bank pun menyediakan fasilitas rekening khusus anak seperti Bank Negara Indonesia (BNI). Bagaimana cara buka rekening BNI untuk anak?

Rekening tersebut bernama BNI Taplus Anak yang diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai 17 tahun. Nantinya nama anak akan tercetak pada buku tabungan dan kartu debit atau ATM.

Selain itu, berdasarkan laman resmi BNI, rekening ini akan memberikan kesempatan anak untuk mulai bertransaksi sendiri menggunakan kartu ATM dengan limit Rp 500.000 per hari.

Orang tua juga tidak perlu khawatir karena ada notifikasi SMS yang akan dikirimkan ke ponsel orang tua agar bisa memantau transaksi anak. Jadi tidk ada alasan bagi orang tua untuk tidak mengizinkan anak buat rekening BNI ini.

Baca juga: Cara Buka Rekening BCA Online Supaya Dapat Voucer Rp100.000

Untuk memberi keleluasaan bertransaksi, pada saat anak berusia 17 tahun, rekening akan dikonversi secara otomatis menjadi BNI Taplus Muda dengan nomor rekening yang sama.

Kemudian setoran awal minimal rekening BNI untuk anak ini cukup rendah yaitu sebesar Rp 100.000 dan setoran minimal selanjutnya Rp 10.000. Cara buka rekening BNI online ini juga bebas biaya admin.

Lalu apa saja syarat dan cara buka rekening BNI untuk anak? Persyaratan cara membuka rekening BNI Anak tentunya akan berbeda dengan persyaratan buka rekening BNI biasa karena anak belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Pada cara buka rekening BNI, anak akan mengisi formulir aplikasi data nasabah (CIF) perorangan dan formulir pembukaan rekening yang ditandatangani oleh anak atau orangtua.
  • Selanjutnya, anak wajib melampirkan salah satu dari dokumen copy akte kelahiran, kartu pelajar, paspor, kartu keluarga. Cara buka rekening BNI anak cukup mudah bukan?

Baca juga: Cara Top Up E-money Mandiri Melalui ATM dan Kantor Pos

 

  • Sementara itu cara buka rekening BNI anak selanjutnya, orang tua harus menyiapkan lampiran salinan bukti identitas diri seperti KTP, Surat Izin Mengemudi (SIM), dan paspor miliknya.
  • Orang tua juga mengisi formulir persetujuan pembukaan rekening dan pelaksanaan transaksi yang ditandatangani oleh orangtua. Kemudian cara buka rekening BNI anak pun selesai.

 

Sekolah juga bisa bekerjasama dengan BNI agar para siswanya mudah dalam cara buka rekening BNI dengan tujuan untuk mengedukasi anak belajar menabung.

Selain buku tabungan dan kartu ATM atas nama anak, kartu ATM BNI Taplus juga bisa didesain sesuai dengan logo sekolah dan bisa berfungsi sebagai kartu identitas siswa.

Adapun syarat kerjasama bagi sekolah sebagai berikut:

  • Sekolah memiliki jumlah siswa minimal 500 orang dan seluruhnya wajib membuka rekening BNI Taplus Anak.
  • Sekolah bersedia membuka rekening operasional sekolah di BNI.
  • Sekolah bersedia menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan BNI dengan jangka waktu minimal tiga tahun.
  • Jenis Kartu bisa kartu debit only atau kartu debit combo uang elektronik BNI TapCash.

Baca juga: Cuma 5 Menit, Cara Mengisi Token Listrik di PLN Mobile

Demikian cara buka rekening BNI Taplus yang ternyata jauh lebih mudah dari buka rekening BNI biasa. Biaya-biaya transaksi dan administasinya juga lebih terjangkau untuk kantong pelajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.