Dorong Bergeliatnya Industri Fesyen, Sandiaga Uno Resmikan Jakarta Fashion Hub

Kompas.com - 05/12/2021, 15:51 WIB
Peresmian jakarta Fashion Hub oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang dihadiri oleh Basrie Kamba Direktur APR, dan Anderson Tanoto, Managing Director RGE, Sabtu (4/12/2021). dok APRPeresmian jakarta Fashion Hub oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang dihadiri oleh Basrie Kamba Direktur APR, dan Anderson Tanoto, Managing Director RGE, Sabtu (4/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meresmikan Jakarta Fashion Hub pada Sabtu (4/5/2021).

Jakarta Fashion Hub (JFH) sendiri merupakan co-working space bagi pegiat fashion, tekstil dan ekonomi kreatif berkelanjutan di dalam negeri berkolaborasi yang diinisiasi oleh Asia Pacific Rayon (APR).

“Melalui Jakarta Fashion Hub, diharapkan penciptaan karya fesyen nasional bisa semakin lebih baik, memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dan karya Indonesia semakin siap bersaing mendunia. Peresmian ini juga diharapkan terus memberikan inovasi, mampu beradaptasi dan mempererat kolaborasi pada ekosistem fesyen di Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resminya.

Baca juga: Sandiaga: Mau Jualan Kuliner atau Fesyen, Semua Harus Lewat Digital

Sandiaga menuturkan, hadirnya JFH ini diharapkan juga membantu upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan daya saing ekonomi kreatif, menciptakan kolaborasi produk yang siap berkompetisi di pasar nasional dan internasional serta mendukung pemulihan ekonomi Indonesia imbas pandemi Covid-19.

Sementara itu Direktur APR Basrie Kamba mengatakan Jakarta Fashion Hub diharapkan dapat menjadi motor penggerak industri ekonomi kreatif di Indonesia lewat fasilitas yang ditawarkan, termasuk memberikan solusi bagi para creativeprenur yang selama ini masih sulit untuk mengembangkan model bisnisnya.

“Dengan peresmian ini, kami berharap semakin banyak generasi muda ikut serta menggali potensi dan ide kreatif dalam menghasilkan produk mode asli buatan Indonesia yang mampu mendunia sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mendorong #BanggaBuatanIndonesia. Kami optimististis Indonesia dapat menjadi pusat mode,” kata Basrie.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Fesyen Berbasis Kekayaan Budaya Indonesia

Jakarta Fashion Hub tak hanya menawarkan tempat untuk merancang konsep, mendesain produk fesyen hingga memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia seperti area workshop, co-working space, studio foto serta kain siap beli.

Dengan 3.900 anggota aktif, Jakarta Fashion Hub telah berkolaborasi dengan sedikitnya 50 brand/fashion designer dalam negeri dan menyelenggarakan fashion show, virtual shopping serta webinar seputar fesyen dan fesyen berkelanjutan.

Salah satu bentuk kolaborasi Jakarta Fashion Hub ditunjukkan lewat pameran “Jenggala Vol :2” yang menggandeng merek lokal Imaji Studio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.