Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Beroperasi, Ini Jadwal Operasional dan Rute Trans Banyumas

Kompas.com - 05/12/2021, 20:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan meresmikan operasional Teman Bus dengan skema buy the service (BTS) yang bernama Trans Banyumas. Banyumas menjadi kota dengan layanan Teman Bus kedua pada tahun 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, Teman Bus di kabupaten Banyumas akan melayani 3 koridor.

Ketiga koridor tersebut telah dikonsepkan ramah disabilitas, yaitu dilengkapi dengan lantai rendah di bagian belakang bus serta ramp sebagai akses bagi pengguna kursi roda.

Baca juga: Kurangi Kemacetan di Yogyakarta, Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus

“Sebelumnya untuk kabupaten Banyumas telah diajukan sebanyak 5 koridor antar kabupaten. Akan tetapi karena kemampuan anggaran refocusing yang berkali-kali dilaksanakan, kami memilih kembali kabupaten kota yang akan diberikan BTS untuk mengurangi koridornya," kata Budi dalam siaran pers, Minggu (5/12/2021).

Adapun koridor 1 dengan rute Pasar Pon - Terminal Ajibarang, dengan jarak tempuh pulang pergi 39 km. Kemudian koridor 2 dengan rute Terminal Notog - Terminal Baturaden Bawah berjarak tempuh 48 km.

Sementara koridor 3 dengan rute Terminal Kebon Dalem - Terminal Bulupitu berjarak tempuh 47 km. Trans Banyumas beroperasi mulai pukul 05.00 WIB - 21.00 WIB.

“Pada tahun 2021 Banyumas termasuk ke dalam 5 daerah yang telah disiapkan sistem buy the service oleh Kementerian Perhubungan. Alasan dipilihnya Kabupaten Banyumas, karena berdasarkan hasil evaluasi, penelitian, dan kajian yang dilakukan oleh tim independen yang dipimpin oleh pakar transportasi, Djoko Setijowarno bahwa potensi masyarakat Banyumas masih familiar dengan angkutan umum dan melihat bagaimana keberhasilan Trans Jateng yang ada di Banyumas,” tuturnya.

Baca juga: Kemenhub Proses Izin Operasi Taksi Terbang Pertama di Indonesia

“Angkutan umum pada sebuah negara maju telah menjadi backbone. Jadi, jika Purwokerto atau Banyumas ingin disebut sebagai kota yang maju dan modern, kita harapkan dapat mengkampanyekan kepada masyarakat sekitar untuk menggunakan bus ini,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Angkutan Jalan, Suharto menambahkan, Trans Banyumas akan melayani dengan jarak antar bus (headway) sejauh 12 menit.

Lalu, pada bulan ini akan dioperasikan 1 koridor yaitu koridor 3 Terminal Kebon Dalem - Terminal Bulupitu. Sebanyak 52 unit armada siap melayani masyarakat.

"Dari 52 unit armada akan dialokasikan 10 persen untuk melayani masyarakat yang berkebutuhan khusus,” tambah Suharto.

Suharto menjelaskan, pihaknya menerapkan Standar Pelayanan Minimum, meliputi pemasangan perangkat monitoring berbasis IT guna menjaga kualitas layanan dan sudah dilengkapi dengan penyaring udara ion, serta rak sepeda di bagian depan yang bertujuan sebagai alat transportasi intermoda.

“Untuk saat ini program layanan Teman Bus tidak dipungut biaya atau gratis. Hingga peraturan terkait PNBP dikeluarkan, maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 2.000 untuk mahasiswa/pelajar dan Rp 3.500 untuk masyarakat umum,” pungkas Suharto.

Sebagai informasi pada tahun 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menganggarkan dana sebesar Rp 800 miliar untuk BTS di 10 kota besar.

Khusus untuk 1 koridor di Bandung dan 2 koridor di Surabaya akan menggunakan bus listrik.

Baca juga: Kemenhub Terapkan Ganjil Genap di Tol pada 20 Desember 2021-2 Januari 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com