Kompas.com - 06/12/2021, 07:28 WIB
Ilustrasi incin berlian dan emas. Dok. The Palace JewelerIlustrasi incin berlian dan emas.
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Baik emas maupun berlian sangat berharga karena keduanya harus ditambang dan pasokannya terbatas. Terlebih butuh keahlian khusus untuk mengasahnya sebelum menjadi perhiasan.

Kedua bahan ini tidak hanya indah dilihat tapi juga memiliki banyak kegunaan dalam industri manufaktur.

Namun, indikator nilai logam dan batu mulia adalah kelangkaan, semakin langka bahannya maka semakin besar nilai dan harganya.Faktanya harga berlian lebih mahal dari emas meskipun emas jauh lebih langka dari berlian.

Berdasarkan situs luxuryviewer, emas berada di peringkat ke-15 pada penelitian daftar 17 barang termahal di dunia oleh Brightside. Sementara Berlian menempati urutan ketiga setelah Californium dan Antimateri.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Bagaimana berlian dinilai?

Berlian menjadi populer dan menjadi daya tarik komersil dari pasar desainer perhiasan mewah. Berlian dinilai dari potongan, kejernihan, warna, dan karat.

Setiap kategori terdiri dari beberapa klasifikasi seperti bagaimana berlian memantulkan cahaya atau bentuk terbaik yang selanjutnya menentukan nilai berlian.

Sebuah berlian dengan potongan yang sangat baik, tidak berwarna, dan tanpa cacat lebih berharga dari berlian yang sedikit diwarnai, dengan potongan yang bagus, dan beberapa ketidaksempurnaan pada permukaannya.

Berdasarkan hal di atas, berlian satu karat dapat dihargai mulai dari beberapa ribu dolar hingga puluhan ribu. Satu gram berlian adalah sekitar lima karat.

Selain itu, sertifikasi juga merupakan titik kritis yang mempengaruhi nilai berlian. The Gemological Institute of America, GIA, adalah salah satu lembaga yang menetapkan standar kualitas berlian.

Sertifikasi ini tidak hanya membuktikan keaslian berlian, ini juga membedakan berlian yang bersumber secara alami dengan berlian buatan laboratorium.

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

Nilai emas berfluktuasi tergantung situasi ekonomi.DOK. Shutterstock Nilai emas berfluktuasi tergantung situasi ekonomi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.