Cara Beli Saham bagi Pemula, Gampang dan Bisa dari Rumah

Kompas.com - 06/12/2021, 07:31 WIB
cara beli saham bagi pemula secara aman, mudah dan cepat PIXABAYcara beli saham bagi pemula secara aman, mudah dan cepat

JAKARTA, KOMPAS.comSaham adalah salah satu instrumen investasi yang mulai populer di kalangan anak muda. Di masa pandemi Covid-19, jumlah investor saham di pasar modal naik signifikan. Sebenarnya apa itu saham dan bagaimana cara beli saham?

Sederhananya, saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Membeli saham perusahaan, artinya menjadi pemilik perusahaan tersebut. Cara membeli saham juga kini semakin mudah. Berkat kecanggihan teknologi, cara beli saham sudah bisa dilakukan secara online.

Untung rugi investasi saham

Keuntungan dari berinvestasi saham adalah mendapatkan capital gain. Yaitu keuntungan dari kenaikan harga saham yang dimiliki. Selain itu, keuntungan dari membeli saham adalah berhak mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan perusahaan.

Baca juga: Nasib BUMN Angkasa Pura I: Terlilit Utang Menggunung Rp 35 Triliun

Sementara kerugian dari berinvestasi saham adalah capital loss. Yakni kerugian atas penurunan harga saham yang dibeli. Kemudian kerugian kedua dari membeli saham adalah risiko likuidasi atau jika perusahaan yang sahamnya kita beli mengalami kebangkrutan.

Meski saham adalah instrumen investasi yang berisiko tinggi, tapi berinvestasi saham bisa memberikan imbal atau keuntungan yang tinggi pula. Sesuai dengan prinsip high risk high gain.

Dikutip dari laman yuknabungsaham.idx.co.id, Minggu (5/12/2021), Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah tempat atau wadah bagi para pelaku saham untuk memperdagangkan atau memperjualbelikan setiap saham atau efek yang mereka miliki dan ingin beli. BEI ini ibarat mal yang menyediakan tempat kepada para pihak untuk bertransaksi.

cara beli saham bagi pemula secara aman, mudah dan cepatPIXABAY cara beli saham bagi pemula secara aman, mudah dan cepat

Namun demikian, cara beli saham bukan berarti harus datang ke BEI. Melainkan bisa membeli saham secara online. Jual beli saham dapat dilakukan melalui perusahaan sekuritas yang menyediakan platformnya.

Baca juga: Apa Penyebab Saham Perusahaan Teknologi China dan AS Berguguran?

Cara beli saham bagi pemula

Bagaimana cara beli saham bagi pemula? Masyarakat yang ingin berinvestasi saham, jangan khawatir. Karena cara beli saham saat ini sangat mudah. Pada prinsipnya, siapa pun dapat membeli saham.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.