Jadi Dirut PLN, Darmawan Prasodjo Tambah Daftar Politisi yang Jadi Pejabat BUMN

Kompas.com - 06/12/2021, 17:45 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo KOMPAS.com/Rully R. RamliDirektur Utama PLN Darmawan Prasodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Darmawan Prasodjo menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Di perusahaan listrik negara tersebut dia menggantikan posisi Zulkifli Zaini yang diberhentikan.

Pengangkatan Darmawan Prasodjo tersebut menambah daftar politisi yang menjadi pejabat di BUMN. Saat ini, ada banyak politisi yang juga merupakan relawan Jokowi pada pemilihan presiden 2019 menjadi pejabat BUMN.

Di Pertamina, ada nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Politisi PDI-P itu menduduki posisi Komisaris Utama Pertamina.

Baca juga: Berikut Daftar 19 Relawan Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Kemudian ada Budiman Sudjatmiko. Politisi PDI-P itu juga menjadi komisaris independen di PTPN V.

Lalu, Zulnahar Usman yang merupakan politisi Partai Hanura dan mendapat posisi menjadi komisaris independen Bank BRI. Masih di BRI, politisi PDI-P, Dwi Ria Latifa juga menjadi komisaris di bank pemerintah tersebut.

Selain itu, masih ada politisi dan relawan Jokowi lain yang menduduki jabatan penting di BUMN.

Sebelumnya diberitakan, Darmawan Prasodjo terpilih menjadi Direktur Utama PLN dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021. Keputusan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN berlaku mulai Senin (6/12/2021).

Surat Keputusan RUPS penetapan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN disampaikan oleh Menteri BUMN di Kantor Pusat PLN di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Menteri dan Wakil Menteri 1 BUMN, Deputi Kementerian BUMN, jajaran Komisaris PLN, dan seluruh Direksi PLN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

“Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Erick dalam keterangan resmi, Senin (6/12).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.