[POPULER MONEY] 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia | Menteri PPN Akui Jadi Dalang Pemotongan Anggaran MPR

Kompas.com - 07/12/2021, 05:40 WIB
Relief timbul yang terletak di halaman Tugu Monas, Jakarta, Rabu (29/1/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianRelief timbul yang terletak di halaman Tugu Monas, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

1. Daftar 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Bicara mengenai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, sebagian orang mungkin akan menjawab kota besar seperti Jakarta atau mungkin daerah-daerah terpencil seperti di Papua.

Benarkah demikian? Sebenarnya, murah atau mahalnya biaya hidup di suatu kota disebabkan oleh banyak faktor. Namun yang paling utama adalah faktor kondisi kota tersebut.

Ukuran kota dengan biaya hidup termahal bisa diketahui dengan dua cara yaitu indeks harga konsumen (IHK), dan pengeluaran per kapita. Data pengeluaran per kapita dapat dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan oleh badan pusat statistik (BPS).

Biasanya, semakin ramai suatu kota, maka harga kebutuhan akan melonjak.

Lalu, apakah Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia? Simak di sini

2. Bukan Sri Mulyani, Menteri PPN Akui Jadi Dalang Pemotongan Anggaran MPR

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengaku menjadi dalang pemotongan anggaran Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Adapun saat ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menjadi bulan-bulanan Ketua MPR Bambang Soesatyo karena dianggap memotong anggaran.

"Padahal yang memotong anggaran (MPR) itu bukan di Kementerian Keuangan, yang memotong anggaran itu di Bappenas," kata Suharso dalam acara BPS Award Desa Cantik di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.