Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Angkasa Pura I yang Kini Rugi dan Terlilit Utang Rp 35 Triliun

Kompas.com - 07/12/2021, 14:37 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan Angkasa Pura I berdiri? Angkasa Pura I bergerak di bidang apa? Bandara apa saja yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero)?

Pertanyaan semacam itu mulai bermunculan seiring kabar tidak baik mengenai kondisi keuangan PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I.

Perseroan tercatat memiliki utang hingga Rp 35 triliun dan diperkirakan mengalami kerugian rata-rata (rate loss) sebesar Rp 200 miliar per bulan.

Baca juga: Bukan Cuma Jasa Marga, Ini Daftar Perusahaan Jalan Tol di Indonesia

Terkait hal ini, simak informasi seputar daftar bandara Angkasa Pura I lengkap dengan sejarah berdirinya perusahaan pelat merah tersebut, termasuk tentang anak perusahaan PT Angkasa Pura I.

Begitu juga dengan jawaban mengenai Angkasa Pura I bergerak di bidang apa dan sederet daftar bandara Angkasa Pura I sejak berdiri hingga saat ini.

Bagi yang belum tahu, Angkasa Pura I adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pelayanan jasa kebandarudaraan. Bagaimana sejarahnya?

Berawal dari PN Angkasa Pura Kemayoran

Dikutip dari laman resmi perseroan, PT Angkasa Pura I (Persero) atau dikenal juga dengan Angkasa Pura Airports merupakan pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia.

Baca juga: Jejak Bandara Internasional Pertama Indonesia di Kemayoran

Sejarah berdirinya PT Angkasa Pura I bermula sejak tahun 1962. Ketika itu Presiden RI Soekarno baru kembali dari Amerika Serikat.

“Beliau menegaskan keinginannya kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum agar lapangan terbang di Indonesia dapat setara dengan lapangan terbang di negara maju,” tulis laman resmi AP I, dikutip pada Selasa (7/12/2021).

Kemudian, pada tanggal 15 November 1962 terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 1962 tentang Pendirian Perusahaan Negara (PN) Angkasa Pura Kemayoran.

Inilah cikal bakal PT Angkasa Pura I (Persero). Perusahaan ini memiliki tugas khusus ketika didirikan oleh pemerintah Indonesia.

Tugas pokoknya adalah untuk mengelola dan mengusahakan Pelabuhan Udara Kemayoran di Jakarta yang saat itu merupakan satu-satunya bandar udara internasional yang melayani penerbangan dari dan ke luar negeri selain penerbangan domestik.

Setelah melalui masa transisi selama dua tahun, terhitung sejak 20 Februari 1964 PN Angkasa Pura Kemayoran resmi mengambil alih secara penuh aset dan operasional Pelabuhan Udara Kemayoran Jakarta dari Pemerintah RI.

Baca juga: Bukan Garuda, Ini Maskapai Penerbangan Pertama Milik Indonesia

“Tanggal 20 Februari 1964 itulah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi perusahaan,” tulis AP I untuk menjawab pertanyaan kapan Angkasa Pura I berdiri.

Perubahan nama Angkasa Pura Kemayoran

Pada tanggal 17 Mei 1965, berdasarkan PP Nomor 21 tahun 1965 tentang Perubahan dan Tambahan PP Nomor 33 Tahun 1962, PN Angkasa Pura Kemayoran berubah nama menjadi PN Angkasa Pura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com