Sejarah Angkasa Pura I yang Kini Rugi dan Terlilit Utang Rp 35 Triliun

Kompas.com - 07/12/2021, 14:37 WIB
Ilustrasi sejarah Angkasa Pura I, daftar bandara Angkasa Pura I hingga anak perusahaan PT Angkasa Pura I. Ilustrasi sejarah Angkasa Pura I, daftar bandara Angkasa Pura I hingga anak perusahaan PT Angkasa Pura I.


JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan Angkasa Pura I berdiri? Angkasa Pura I bergerak di bidang apa? Bandara apa saja yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero)?

Pertanyaan semacam itu mulai bermunculan seiring kabar tidak baik mengenai kondisi keuangan PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I.

Perseroan tercatat memiliki utang hingga Rp 35 triliun dan diperkirakan mengalami kerugian rata-rata (rate loss) sebesar Rp 200 miliar per bulan.

Baca juga: Bukan Cuma Jasa Marga, Ini Daftar Perusahaan Jalan Tol di Indonesia

Terkait hal ini, simak informasi seputar daftar bandara Angkasa Pura I lengkap dengan sejarah berdirinya perusahaan pelat merah tersebut, termasuk tentang anak perusahaan PT Angkasa Pura I.

Begitu juga dengan jawaban mengenai Angkasa Pura I bergerak di bidang apa dan sederet daftar bandara Angkasa Pura I sejak berdiri hingga saat ini.

Bagi yang belum tahu, Angkasa Pura I adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pelayanan jasa kebandarudaraan. Bagaimana sejarahnya?

Berawal dari PN Angkasa Pura Kemayoran

Dikutip dari laman resmi perseroan, PT Angkasa Pura I (Persero) atau dikenal juga dengan Angkasa Pura Airports merupakan pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia.

Baca juga: Jejak Bandara Internasional Pertama Indonesia di Kemayoran

Sejarah berdirinya PT Angkasa Pura I bermula sejak tahun 1962. Ketika itu Presiden RI Soekarno baru kembali dari Amerika Serikat.

“Beliau menegaskan keinginannya kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum agar lapangan terbang di Indonesia dapat setara dengan lapangan terbang di negara maju,” tulis laman resmi AP I, dikutip pada Selasa (7/12/2021).

Kemudian, pada tanggal 15 November 1962 terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 1962 tentang Pendirian Perusahaan Negara (PN) Angkasa Pura Kemayoran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.