Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Pulihkan 112 Trafo Listrik Pasca-erupsi Gunung Semeru

Kompas.com - 07/12/2021, 16:26 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan listrik pasca-erupsi Gunung Semeru. Hingga Senin (6/12/2021) pukul 23.28 WIB, PLN sudah memulihkan 112 trafo, sehingga 28.041 warga telah kembali mendapatkan akses listrik.

Meski demikian, masih ada 2.482 pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang listriknya belum dinyalakan karena kondisi rumah pelanggan rusak atau berada di zona belum aman.

"Untuk penormalan listrik di 2.482 pelanggan ini, kami masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Sri Mulyani Siagakan Anggaran Bencana

Menurut Adi, dalam upaya pemulihan kelistrikan, PLN mendapatkan tantangan cukup berat. Sebab beberapa lokasi kembali mengalami hujan abu vulkanik sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk ke wilayah tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Adi, PLN melakukan pemetaaan pelanggan terdampak erupsi dan merencanakan pekerjaan penormalan. Khusus untuk daerah yang terputus dari jaringan eksisting, PLN membangun jaringan listrik baru.

"Kami telah berhasil membangun jaringan tegangan menengah 20 kV sepanjang 300 meter yang menghubungkan penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampel Gading untuk penormalan pelanggan terdampak erupsi," jelas dia.

Adi mengatakan, untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru, PLN menerjunkan 124 personel yang dibagi dalam dua tim yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Aset Likuid dan Urgensinya dalam Investasi

Para petugas itu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur untuk memastikan daerah atau zona yang aman dan bahaya, serta zona yang bisa dilewati oleh petugas PLN dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan.

Selain itu, PLN juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai 4 kilo watt (KW) sebanyak 8 unit, kapasitas 23 KW sebanyak 1 unit dari ULP dan UP3 terdekat.

"Kami langsung melakukan langkah pengamanan untuk memastikan zona aman. Kemudian kami menyediakan genset di posko untuk tetap ada aliran komunikasi dan penerangan bagi warga," kata Adi.

Baca juga: BRI Pastikan Layanan Perbankan Beroperasi Normal di Wilayah Sekitar Gunung Semeru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com