Kunjungi Pengungsi Erupsi Semeru, Mentan Berikan Bantuan Ternak hingga Traktor

Kompas.com - 08/12/2021, 10:30 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 7 Desember 2021 kemarin. DOKUMENTASI HUMAS KEMENTANMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 7 Desember 2021 kemarin.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Anggota Komisi IV DPR RI Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa,(7/12/2021).

Di sana, Mentan bertemu pengungsi yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca-bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Pada kunjungan tersebut, secara simbolis Mentan juga memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi arabika untuk luasan 847 hektar.

Kemudian, Mentan juga memberikan bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Sementara untuk masyarakat sekitar yang terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

Baca juga: PPKM Dinilai Berpotensi Genjot Transaksi Ekonomi Digital

Menurut Mentan, hal utama yang menjadi prioritas untuk dilakukan adalah langkah penyelamatan.

"Masih banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Mentan dalam siaran persnya, Rabu (8/12/2021).

"Kita tadi sudah sepakat untuk membuat kandang pengungsian terpusat (untuk hewan ternak) dan ada juga spot-spot di beberapa tempat yang nantinya masih dalam kendali kita," katanya.

Mentan juga mengatakan, seluruh pengendalian yang berkaitan dengan 3 agenda Kementerian Pertanian nantinya akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

"Agenda pertama yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini, agenda berikutnya adalah agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam, agenda ketiga yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya," papar Mentan.

Baca juga: Debitur KUR yang Terdampak Erupsi Semeru Akan Dapat Keringanan Kredit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.