Menhub Yakin Bandara Tebelian Bisa Dukung Aktivitas Ekonomi di Kalbar

Kompas.com - 08/12/2021, 11:52 WIB
Bandara Tebelian yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Humas Kemenhub Bandara Tebelian yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (8/12/2021). Kehadiran bandara ini diyakini akan meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Bandara Tebelian sebenarnya telah dimulai sejak 2011, namun pembangunannya baru diintensifkan pada 2020.

Bandara Tebelian merupakan pengganti dari Bandara Susilo yang tak kini lagi digunakan sebab tak bisa kembangkan, lantaran berada di pusat kota dan dikelilingi pemukiman.

Baca juga: Besok, Presiden Jokowi akan Resmikan Bandara Tebelian di Kalbar

"Pada dasarnya Bandara Tebelian adalah bandara kedua (di Sintang), sebelumnya ada Bandara Susilo yang sudah tidak dapat kita gunakan lagi, maka kita lakukan pemindahan," ujar Menhub dalam acara peresmian Bandara Tebelian yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Budi Karya, adanya Bandara Tebelian akan mendukung aktivitas ekonomi di wilayah sekitar bandara, seperti di Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi.

"Bandara ini yang sangat penting untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata di Sintang, Sekadau, Sanggau, dan Melawi," katanya.

Pembangunan Bandara Tebelian dilakukan di atas lahan seluas 153,6 hektar, yang telah dihibahkan oleh Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub. Bandara ini dibangun dengan total biaya sekitar Rp 580 miliar.

Baca juga: Menhub Dorong Peran Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur Transportasi

Bandara Tebelian memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi yang mampu melayani 75.000 penumpang per tahun.

Selain itu, memiliki taxiway berukuran 160 meter x 18 meter dan Apron 220 meter x 60 meter, yang mampu menampung 4 pesawat ATR-72.

Sementara untuk ukuran runway Bandara Tebelian yakni mencapai 1.820 meter x 30 meter yang mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.