Menikah dengan Generasi Sandwich? Ini Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Kompas.com - 08/12/2021, 13:40 WIB
Cara memutus rantai generasi sandwich, termasuk untuk yang menikah dengan generasi sandwich.

DOK. SHUTTERSTOCKCara memutus rantai generasi sandwich, termasuk untuk yang menikah dengan generasi sandwich.


JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang harus dilakukan generasi sandwich? Bagaimana keluar dari sandwich generation? Apa saja langkah-langkah stop generasi sandwich?

Pertanyaan semacam itu kerap bermunculan di kalangan pembaca yang ingin mencari informasi terkait cara memutus rantai generasi sandwich atau sandwich generation.

Banyak pengalaman sandwich generation yang sudah berhasil, namun ada juga yang kesulitan menemukan cara mengatasi persoalannya, terutama bagi individu yang pada akhirnya menikah dengan generasi sandwich.

Baca juga: Generasi Sandwich Itu Apa? Pahami Arti dan Dampak Generasi Sandwich

Artikel ini akan membantu pembaca menemukan solusi sandwich generation, termasuk pentingnya memahami investasi generasi sandwich dalam upaya stop generasi sandwich.

Pengalaman sandwich generation

Perlu diingat, memutus rantai generasi sandwich penting diusahakan agar tidak semakin terjerumus pada dampak generasi sandwich.

Keberadaan status generasi sandwich tidak terlepas dari adanya kewajiban menjaga keluarga di luar keluarga intinya. Ini menyebabkan sejumlah konsekuensi.

Status generasi sandwich membuat seseorang memiliki jumlah tanggungan keluarga yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan non-generasi sandwich.

Pada akhirnya, jumlah tanggungan keluarga yang lebih banyak tersebut menyebabkan generasi sandwich memiliki kewajiban finansial yang cenderung lebih tinggi dan proporsi waktu luang yang lebih sedikit dibanding non-generasi sandwich.

Baca juga: Pahami Kelemahan Robot Trading dan Apa Itu Robot Trading Ilegal

Ini juga bisa terjadi bila seorang individu menikah dengan generasi sandwich. Betapa tidak, generasi sandwich praktis akan memberikan dampak negatif terhadap kondisi pernikahan, kesehatan, menimbulkan stres, kecemasan, dan kesedihan.

Pengalaman sandwich generation pernah diungkap oleh penelitian Hopps dan kawan-kawan pada 2017 di Amerika Serikat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.