Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng SPHC, PGN Solution Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi di Jateng

Kompas.com - 08/12/2021, 13:49 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com – Untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di Jawa Tengah (Jateng), PT PGN Tbk selaku subholding gas Pertamina menandatangani head of agreement (HoA) kerja sama dengan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN), Jumat (3/12/2021).

HoA itu berisikan kesepakatan untuk pengembangan pasar gas bumi di wilayah Jateng dan ditandatangani oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto serta Direktur Utama JPEN Muhammad Iqbal. Adapun penandatanganan turut disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebagai informasi, PGN konsisten menyiapkan infrastruktur penyaluran gas bumi sebagai milestone pemenuhan kebutuhan energi di Jateng.

Saat ini, PGN telah mempersiapkan jaringan gas pipa untuk mengantarkan gas bumi sampai di lokasi pelanggan.

Baca juga: Kebutuhan Gas Semakin Membesar, PGN Perkuat Infrastruktur dan Pasokan Gas Bumi

Sebagai turunannya, PGN pun telah menyiapkan compressed natural gas (CNG) dan liquefied natural gas (LNG) dengan moda beyond pipeline untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri, komersial, dan rumah tangga di Jateng.

Bersamaan acara itu, diselenggarakan pula penandatanganan HoA kerja sama antara PT PGAS Solution sebagai bagian subholding gas dengan PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) terkait jasa engineering, procurement and construction (EPC), operation and maintenance (O&M) dan supply chain management (SCM) Infrastruktur Energi untuk mendukung rencana pengembangan lanjutan di wilayah kerja Blok Cepu.

Direktur Utama PGN Solution Erwin Simanjuntak dan Direktur Utama SPHC Wisnu Prabawa Taher menandatangani perjanjian kerja sama.

“HoA ini menjadi bagian dari upaya untuk memberikan kepastian untuk penyediaan infrastruktur dan pasokan gas bumi di Jawa Tengah,” ujar Haryo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: PGN Teken Perjanjian Jual-Beli Gas dengan Sejumlah Produsen

Ia juga berharap, tahapan pelaksanaan sebagai turunan kerja sama dapat berjalan dengan baik seiring dengan upaya PGN dalam mengintegrasikan infrastruktur.

Penandatangan HoA disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.Dok PGN Solution Penandatangan HoA disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Dengan begitu, distribusi gas bumi bisa lebih fleksibel dan andal. Harapannya, PGN mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jateng serta Pemerintah Kota/Kabupaten di Jateng,” sambungnya.

Dikatakan oleh Haryo, pelaksanaan kerja sama akan didukung dengan pertukaran data dan informasi yang meliputi kondisi dan status demand, kebutuhan energi sebagai bahan baku atau bahan bakar, serta data-data lainnya.

Langkah selanjutnya, pengembangan kerja sama bisnis akan melibatkan anak perusahaan atau subsidiary PGN, seperti bisnis teknologi informasi, internet provider, dan fiber optic.
Selain itu, pengembangan bisnis terkait kegiatan engineering gas bumi seperti operasi dan pemeliharaan, EPC pipa distribusi, pipa servis, dan peralatan pelanggan PGN juga segera dilakukan.

Baca juga: Sektor Industri dan Komersial Jadi Penyumbang Terbesar Penjualan PGN

“Penandatanganan HoA ini merupakan suatu langkah kecil sekaligus lompatan besar yang sangat berarti dalam memastikan bahwa proyek ini akan kami rampungkan hingga selesai,” sambung Erwin.

Pihaknya berharap, terjalinnya kerja sama dapat memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com