Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Angkat Eks Wakil Kepala Densus 88 Budiono Sandi Jadi Komisaris RNI

Kompas.com - 08/12/2021, 14:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Budiono Sandi sebagai Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Penetapan itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-390/MBU/12/2021 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT RNI (Persero) pada 6 Desember 2021.

Baca juga: Giliran Direksi RNI Dirombak Erick Thohir, Ini Susunan Terbarunya

Budiono Sandi merupakan purnawirawan Polri yang memiliki pengalaman panjang di bidang penanggulangan terorisme. Ia pernah menjadi Wakil Kepala Densus 88.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan, perubahan dewan komisaris ini sejalan dengan keinginan Menteri BUMN Erick Thohir agar transformasi di tubuh BUMN Pangan terus terjadi dan memberikan hasil.

Dengan susunan dewan komisaris yang baru, Arief memastikan bahwa RNI bersama BUMN Klaster Pangan siap untuk meningkatkan kinerja guna memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

"Kami siap untuk meningkatkan kinerja guna turut serta berkontribusi memperkuat ketahanan pangan nasional melalui ketersediaan, peningkatan kualitas produk, keterjangkauan, kesinambungan, dan inklusivitas pangan nasional," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: RNI Resmikan Produk Retail Pangan

Sebagai informasi, sebelum pensiun dari Polri, Budiono pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Jenderal bintang dua itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987 yang aktif mengembangkan bakatnya di bidang intelijen.

Ia telah mengalami penugasan di berbagai negara, berbagai wilayah di Tanah Air, dan berbagai posisi di struktur kepolisian.

Jabatan yang pernah diemban Budiono di kepolisian di antaranya Direktur Intel Polda Metro Jaya pada tahun 2011-2012 dan Wakil Kepala Densus 88 Antiteror pada tahun 2012-2013.

Selain itu, dia pernah menjadi Direktur Kerja Sama Bilateral BNPT pada 2013-2018, serta sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT tahun 2018-2021.

Baca juga: Merger Jadi 3 BUMN Pangan, Ini Jajaran Terbaru Direksi dan Komisaris

Berikut susunan Dewan Komisaris RNI terbaru:

  • Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Bayu Krisnamurthi
  • Komisaris Independen: Arie Sujito
  • Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
  • Komisaris: Abdi Mustakim
  • Komisaris: Abdul Rochim
  • Komisaris: Himawan Arief Sugoto
  • Komisaris: Budiono Sandi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com