Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Online Dongkrak Penggunaan Voucher Digital Saat Pandemi

Kompas.com - 09/12/2021, 13:23 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja online atau belanja daring turut mendongkrak penggunaan voucher digital saat pandemi Covid-19.

Direktur PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) Riky Boy H Permata mengatakan, meningkatnya penggunaan voucher belanja di platform digital juga terjadi di Ultra Voucher.

Sebab, voucher digital biasanya memberikan keuntungan dari diskon yang ditawarkan dan memberikan kemudahan saat bertransaksi.

Baca juga: Ini Tips Transaksi Online yang Aman, Cara Aman Transfer Belanja Online

“Kami membuktikannya dengan jumlah active user dan juga transaksi tiap bulan di Ultra Voucher yang justru meningkat selama pandemi karena mudahnya memenuhi gaya hidup sehari-hari dengan harga diskon," kata Riky dalam siaran pers, Kamis (9/12/2021).

Riky meyakini, penjualan Ultra Voucher di akhir tahun makin meningkat seiring meluasnya tren belanja online.

Hal ini sesuai dengan riset MarkPlus Insight bertajuk Perilaku Konsumen E-Commerce Tahun 2021 yang menemukan, aktivitas belanja konsumen saat pandemi bergeser menuju online shopping.

Peningkatan penggunaan voucher digital juga terjadi karena meluasnya kepercayaan konsumen pada alat pembayaran digital

"Kami yakin tren di akhir tahun ini berpeluang mendongkrak sales dari Ultra Voucher,” beber Riky.

Baca juga: Survei: 73 Persen Konsumen RI Menilai Belanja Online Lebih Mudah Dibandingkan Belanja di Toko

Di sisi lain, tumbuh pesatnya e-commerce turut mendorong penggunaan voucher digital. Hal inj ini terjadi karena tingginya tech awareness dan penggunaan smartphone pada konsumen.

Kemudian, kemajuan infrastruktur jaringan komunikasi di Indonesia, lonjakan ketertarikan konsumen terhadap belanja daring dipengaruhi oleh promo dan kampanye dari perusahaan e-commerce, serta penggunaan e-money yang terus meningkat.

Riset tersebut juga menampilkan kategori produk yang paling banyak dibeli.

Selama 12 bulan terakhir, produk digital menjadi yang paling banyak dibeli. Sekitar 59,8 persen pengguna e-commerce membeli beragam produk digital lintas platform.

Diikuti oleh fesyen (48,8 persen), kecantikan (41,2 persen), makanan dan minuman (39 persen), perlengkapan rumah (33,8 persen), high-end fashion (30,8 persen), elektronik rumah tangga (25,8 persen), perlengkapan ibu, bayi, dan anak-anak (25,4 persen), serta olahraga dan gaya hidup (19,8 persen).

Baca juga: Belanja Online Meningkat, Transaksi Uang Elektronik Capai Rp 29,23 Triliun

"Dengan pemanfaatan teknologi digital seperti Ultra Voucher dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi gaya hidup, tentunya dengan harga yang menguntungkan," pungkas Riky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com