Deretan 6 Kilang Minyak Terbesar di Dunia

Kompas.com - 09/12/2021, 14:13 WIB
Ilustrasi kilang minyak terbesar. DOK. Pertamina.comIlustrasi kilang minyak terbesar.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kilang minyak adalah fasilitas mengolah atau memurnikan minyak mentah menjadi berbagai produk seperti solar, bensin, minyak tanah, avtur, dan lainnya.

Berdasarkan situs Kemendikbud, kilang minyak adalah pabrik atau fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan, maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku industri petrokimia.

Produk petrokimia dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, mulai dari pakaian, laptop, ponsel, detergen, plastik hingga pupuk. Oleh karenanya, kilang minyak adalah penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari situs Nesfircroft, berdasarkan laporan Badan Energi Internasional, bahan baku petrokimia bertanggung jawab atas 12 persen dari kebutuhan minyak global, dan ini akan tumbuh seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk petrokimia.

Baca juga: Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

Skala kompleksitas kilang minyak adalah melibatkan proses pengolahan yang sulit dan membutuhkan keahlian mendalam mulai dari konsep awal hingga tahap commissioning atau pengujian dan pengoperasian.

Lalu di mana sajakah kilang minyak terbesar di dunia yang banyak berkontribusi pada keberlangsungan hidup kita sehari-hari?

1. Jamnagar Refinery di India

Kilang minyak terbesar di dunia ini mulai beroperasi pada Juli 1999 dan menjadi fasilitas penyuingan minyak mentah terbesar di dunia.

Kilang minyak terbesar di dunia ini dimiliki sektor swasta yaitu perusahaan Reliance Industries Limited. Kilang minyak yang terletak di Jamnagar, Gujarat, India ini kapasitas produksinya mencapai 1,24 juta barel minyak per hari.

Baca juga: Berhiaskan Meteorit, Ini 5 Sepatu Termahal di Dunia

Seluruh komplek kilang minyak sudah terintegrasi penuh dengan kompleks petrokimia, pembangkit listrik captive, pelabuhan captive, infrastruktur terkait, dan kota kecil yang menampung 2.500 karyawan dan memiliki lebih dari 7.500 hektar tanah.

Fakta uniknya, jika semua pipa di kilang minyak terbesar di dunia ini disambungkan satu persatu maka akan sepanjang jarak dari India Utara dan India Selatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.