Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Ajak Pelajar di Luar Negeri Ikut Program Magang di 7 BUMN

Kompas.com - 10/12/2021, 11:22 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak para pelajar di mancangera untuk mengikuti internship atau magang di tujuh perusahaan BUMN melalui program Indonesia Global Talent Internship (IGTI) 2021.

Tujuh perusahaan pelat merah itu yakni PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), PT Biofarma (Persero), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan MIND ID.

Baca juga: 2 Bank BUMN Ini Gencarkan Pemulihan Aset Lewat Mekanisme Lelang

Program internship itu merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

Program ini merupakan pintu gerbang bagi para pelajar Indonesia di luar negeri, khususnya yang sedang menempuh S2 dan S3, untuk berkesempatan berkontribusi langsung di 44 proyek strategis yang tersebar di tujuh BUMN.

“Semoga dengan program ini, dapat meningkatkan minat para pelajar Indonesia di luar negeri untuk kembali dan berkontribusi ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/12/2021).

Menurut dia, program internship sangat tepat diselenggarakan dan relevan dengan kondisi masa kini, di mana disrupsi yang sekarang ini terjadi disebabkan oleh digitalisasi dan anak muda.

Sehingga memang diperlukan keterlibatan generasi muda untuk perusahaan bisa berdaya saing.

Baca juga: BUMN Angkasa Pura I Tunda Bayar Gaji dan Tunjangan Karyawan, Kenapa?

"Ibarat kita ingin menang perang, kita harus memiliki tim yang mengerti apa yang dihadapi. Inilah pentingnya keberpihakan untuk memberikan kesempatan kepada kepemimpinan muda,” ungkap Erick.

Erick menambahkan, dengan adanya bonus demografi mengingatkan BUMN untuk terus berkembang dan melakukan tranformasi, serta menyiapkan pemimpin masa depan dan melakukan perbaikan disrupsi.

"Program ini harus berkesinambungan agar kita tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh negara-negara di Amerika Latin, yang lupa berinvestasi pada anak muda dan research and development," kata dia.

Koordinator PPI Dunia periode 2021/2022  Faruq Ibnul Haqi mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah mendengarkan aspirasi para pelajar untuk diberikan kesempatan magang di perusahaan BUMN.

Ia menjelaskan, program IGTI ini sebagai wujud link and match potensi pengembangan riset di luar negeri agar bisa dikontribusikan bagi tanah air dalam rangka mendukung Indonesia Emas 2045.

Baca juga: BUMN Berdikari Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

"PPI Dunia pada periode ini jberfokus pada Human Capital Development yang nantinya diharapkan turut serta dalam pembangunan bangsa melalui Kementerian BUMN,” jelas Faruq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com