BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Adaptif dan Inovatif, Berikut Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 10/12/2021, 13:05 WIB
Alek Kurniawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tak bisa dimungkiri merupakan bencana besar karena berdampak pada seluruh sendi kehidupan, termasuk sektor perekonomian.

Meski demikian, tak berarti peluang usaha di masa sulit seperti ini hilang begitu saja. Meskipun ada fakta bahwa banyak usaha mengalami kebangkrutan, tak sedikit pula yang akhirnya mampu bangkit dan bertahan.

Bahkan, pandemi terbukti menjadi pelatuk atas ide-ide bisnis yang sebelumnya tak terpikirkan. Contohnya saja, pengusaha pakaian yang tadinya mengandalkan bazar untuk berjualan kini justru nyaman berjualan online dan mampu menghasilkan untung yang berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Baca juga: Bisa Transfer Valas hingga 14 Mata Uang, Begini Kemudahan Transaksi Pakai Internet Banking bagi Pebisnis

Untuk mendapati hasil tersebut, tentu tak ada sistem kebut semalam. Beberapa pebisnis memiliki strategi jitu agar tidak “kalah” dari pandemi.

Paling tidak, hal pertama yang harus mereka miliki adalah kemampuan beradaptasi. Sebelum pandemi, banyak usaha masih beroperasi secara konvensional untuk menggaet konsumen.

Namun, beberapa kebijakan terkait Covid-19 mengharuskan semua orang untuk beraktivitas dari rumah selama pandemi.

Baca juga: Inovasi Layanan Perbankan, Bisa Transaksi Valas Langsung dari Rumah

Pebisnis yang adaptif akan mengganti strategi konvensional dengan meningkatkan digital presence atau bisa dibilang melakukan transformasi digital. Dengan digitalisasi, pebisnis bisa menjangkau konsumen lebih luas dari mana dan kapan saja.

Kemudian, beberapa pebisnis juga melakukan kolaborasi strategis dengan partner untuk melengkapi kekurangan yang dimiliki. Kolaborasi juga bertujuan untuk membangun produk atau layanan baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang kian berubah.

Terus berinovasi

Hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pebisnis agar dapat bertahan di masa pandemi adalah dengan terus berinovasi.

Strategi bisnis yang adaptif dan kolaborasi dengan partner memang penting. Namun, bila tidak dibarengi dengan inovasi yang out-of-the box, strategi bisnis yang tengah diupayakan akan kurang optimal.

Perlu diketahui, inovasi yang dibutuhkan tak terbatas pada produk atau layanan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Sebuah inovasi juga bisa dihadirkan melalui perampingan kegiatan operasional dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya.

Dalam hal mengurus finansial perusahaan, misalnya. Ketimbang dilakukan secara konvensional, mulai dari pencatatan sampai transaksi ke bank langsung, urusan finansial ini akan lebih baik dikerjakan mengandalkan teknologi.

Baca juga: Simak, Ini Cara Aman Bertransaksi Melalui KlikBCA Bisnis

Terlebih, saat ini bank sudah memiliki layanan yang dapat memenuhi kebutuhan itu, yakni internet banking berbasis bisnis. Salah satunya adalah KilkBCA Bisnis dari PT Bank Central Asia atau Bank BCA.

Dengan menggunakan fasilitas itu, pebisnis dapat bertransaksi di mana pun dan kapan pun. KlikBCA Bisnis juga menghadirkan beragam layanan yang dapat memberikan kemudahan akses #BankingFromHome.

Jadi, bertransaksi bisnis bisa dilakukan dari rumah. Hal ini memudahkan mereka yang intensitas transaksi bisnisnya tinggi.

Baca juga: Pebisnis, Fitur Multi-Transfer KlikBCA Ini Bantu Urusan Transfer Jadi Lebih Cepat

Anda sebagai pebisnis pun tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk mengurus keperluan finansial perusahaan. Selain itu, KlikBCA Bisnis juga dapat memenuhi kebutuhan transaksi transfer mata uang valuta asing (valas). Ini akan memudahkan pebisnis bertransaksi dengan rekanan di luar negeri.

Dengan KlikBCA Bisnis, Anda bisa melakukan transfer 14 jenis mata uang yang meliputi dollar Australia (AUD), dollar Kanada (CAD), franc Swiss (CHF), yuan China (CNY), krona Denmark (DKK), euro (EUR), pound sterling Inggris (GBP), dollar Hong Kong (HKD), yen Jepang (JPY), dollar Selandia Baru (NZD), riyal Saudi Arabia (SAR), krona Swedia (SEK), dollar Singapura (SGD), dan dollar Amerika Serikat (USD).

Jaringan korespondensi Bank BCA yang luas juga memudahkan kebutuhan pengiriman valas Anda ke mana saja di seluruh dunia dengan cepat, aman, dan mudah.

Baca juga: Cara Mengatasi Terblokirnya ATM BCA, m Banking BCA dan KlikBCA

Melalui KlikBCA Bisnis, Anda juga bisa memanfaatkan pilihan transfer secara Full Amount. Dengan fitur ini, valas yang Anda kirim akan diterima secara utuh. Jadi, transaksi bisnis bisa #MakinLancar.

Anda juga bisa menggunakan fitur Value Today. Dengan fitur ini, kiriman valas dapat diterima oleh bank penerima di hari yang sama pada saat valas dikirimkan.

Selain itu, KlikBCA Bisnis juga dapat melayani transaksi outward remittance dengan sumber dana valas di atas 100.000 dollar AS. Anda hanya perlu mengisi surat pernyataan untuk menggunakan layanan ini.

Bagi Anda yang sudah memiliki KlikBCA Bisnis, fitur kiriman valas dapat diaktifkan dengan mengisi formulir KlikBCA Bisnis untuk segera diproses oleh kantor cabang Bank BCA.

Anda bisa mengunjungi laman KlikBCA Bisnis atau hubungi Halo BCA (021) 15008888 untuk mengetahui informasi lebih lengkap.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com