Kompas.com - 10/12/2021, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus listrik milik PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akan mulai dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) pada awal tahun 2022.

Bus listrik yang diproduksi oleh Bakrie Autoparts ini telah melalui uji kelayakakan dan tahapan yang panjang untuk dapat beroperasi secara komersil.

“Ini pertama kalinya perusahaan Indonesia membawa bus listrik ke jalan, dan melalui bus listrik kita sudah bisa mmbukukan revenue baru tahun depan pada bisnis kita,” kata Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie dalam public expose virtual, Jumat (10/12/2021).

CEO PT Bakrie Autoparts Dino Ryandi mengungkapkan, sejak tiga tahun terakhir, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan BYD Auto untuk mengembangkan industri kendaraan listrik, khususnya bus di Indonesia.

Baca juga: Garuda Indonesia Gunakan Bus Listrik untuk Operasional Karyawan

Bus listrik Bakrie Autoparts-BYD adalah electric bus pertama di Indonesia yang lulus seluruh ketentuan proses homologasi dan pemenuhan ketentuan legalitas dan teknis untuk diujicoba secara komersial oleh Transjakarta.

Bakrie Autoparts telah memasok 30 unit bus listrik melalui salah satu operator Transjakarta dan akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ini.

“Spesifikasi dan kapasitas bus yang kami pasok ini sama dengan bus saat ujicoba, dengan lantai rendah (lowdeck) dan direncanakan untuk penggunaan di rute-rute eksisting Transjakarta,” jelas Dino.

Ke depan, perusahaan akan menyediakan lebih banyak unit untuk memenuhi target 100 unit dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di 2022, berupa unit Completely Knocked Down (CKD) yang akan dirakit oleh perusahaan perakitan dalam negeri.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan produsen dan penyedia charger lokal, ini dilakukan demi mengedepankan peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Produsen charging station ini juga sudah siap untuk produksi massal dan sudah memenuhi aturan perlistrikan yang berlaku,” tambah Dino.

Baca juga: Bakrie Bakal Pasok 30 Unit Bus Listrik ke Transjakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.