Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Dokter di Indonesia?

Kompas.com - 11/12/2021, 10:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter merupakan pekerjaan mulia karena jasanya menyembuhkan banyak orang, terutama di kala pandemi Covid-19 ini. Lalu berapa gaji dokter di Indonesia?

Pada tahun 2019, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih pernah membeberkan berapa gaji dokter di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata masih banyak yang di bawah Rp 3 juta per bulan.

Nominal gaji dokter tersebut untuk dokter umum dan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan golongan III A atau yang masa baktinya di bawah lima sampai 10 tahun.

Dikutip dari Tribunnews, Ketua IDI menyebut pendapatan dokter golongan III A memiliki gaji pokok sekitar Rp 2,4 juta sampai Rp 2,7 juta dan ditambah jasa layanan dari kapitasi BPJS rata-rata sebesar Rp 500.000 sampai Rp 1 juta.

Baca juga: Profesi dengan Risiko Besar, Berapa Gaji Pilot Per Bulan?

Jadi total Rp 2,9-3,2 juta atau sekitar Rp 3,4-3,7 juta. Jika tidak ada insentif dari Pemerintah Daerah, maka berapa gaji dokter kurang dari Rp 3 juta.

Selain itu, saat ini dokter umum semakin sulit untuk membuka praktik sendiri karena masyarakat banyak yang mengikuti BPJS atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Gaji dokter umum dengan gaji dokter spesialis yang banyak ditemukan di perkotaan tentu saja berbeda. Gaji dokter spesialis memiliki penghasilan yang lebih tinggi, tapi jumlahnya pun tidak sebanyak dokter umum.

Sementara itu, berdasarkan pernyataan dokter anonim yang dikutip dari Tribunnews, umumnya gaji pokok hanya dimiliki oleh dokter yang bekerja di Rumah Sakit (RS) dan merupakan dokter full timer atau setiap hari praktik di RS.

Baca juga: Berhiaskan Meteorit, Ini 5 Sepatu Termahal di Dunia

Sementara dokter jaga di RS dengan 15 sampai 20 shift kerja, dihitung sebagai dokter part timer dan tidak mendapat gaji pokok. Berapa gaji dokter berdasarkan jumlah pasien dan kebijakan RS atau klinik untuk jasa dokter per pasien.

Berdasarkan penuturan dokter anonim tersebut, tiga klinik di Karanganyar, Jawa Tengah, bahkan hanya memberikan jasa dokter Rp 3.000 per pasien. Kemudian untuk setiap shiftnya dokter diberikan uang duduk sebesar Rp 80.000 di mana satu shift  kerja selama 7-10 jam.

Salah satu dokter yang sedang menjalani Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) memaparkan, semua dokter internship hanya mendapat bantuan hidup dasar (BHD) pada 2016 sekitar Rp 2,1 juta di Pulau Jawa dan sekitar Rp 2,5 juta dari Kementerian Kesehatan jika ditempatkan di daerah terpencil.

ilustrasi gaji dokter spesialis.PEXELS/MART PRODUCTION ilustrasi gaji dokter spesialis.

PIDI ni merupakan program pemandirian dokter baru lulus yang sudah memiliki gelar dokter yang bertujuan untuk menyelaraskan hasil pendidikan di bangku kuliah dengan kondisi di lapangan. Jika tidak mengikuti PIDI, maka Surat Tanda Registrasi (STR) dokter tidak diberikan.

Padahal berapa gaji dokter di negara-negara maju sangatlah besar. Dikutip dari situs resmi IDI, gaji dokter umum di Amerika Serikat sebesar 230.000 dollar AS atau Rp 3,2 miliar per tahun. Untuk gaji dokter spesialis sebesar 370.000 atau Rp 5,2 miliar per tahun.

Begitupun di Belanda gaji dokter umum sebesar 117.000 dollar AS atau RP 1,6 miliar per tahun. Kemudian di Kanada, dokter umum digaji 271.000 dollar pertahun dan gaji dokter spesialis 338.000 dollar AS.

Dengan demikian dapat disimpulkan, dokter di Indonesia belum mendapatkan apresiasi seperti dokter-dokter di luar negeri. Hal ini tercermin dari besaran gaji dokter yang berbeda sangat jauh. Padahal jasanya sangat besar untuk negara.

Baca juga: Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com