Indonesia Resmi Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan IMO

Kompas.com - 11/12/2021, 21:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional Kategori C Periode Tahun 2022 – 2023, setelah sebelumnya terpilih untuk periode 2020-2021.

Kepastian ini didapat setelah melalui proses penghitungan suara pada pemilihan anggota Dewan IMO yang dilaksanakan di markas besar IMO di London.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi buka suara terkait terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan IMO kali ini.

Baca juga: Kemenhub Minta Dunia Penerbangan Indonesia Antisipasi Cuaca Ekstrem

"Keberhasilan Indonesia masuk lagi dalam Dewan IMO menunjukan pengakuan dunia atas eksistensinya di sektor maritim Internasional," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (11/12/2021).

Perlu diketahui, terdapat 175 negara yang menjadi anggota IMO. Sebanyak 40 negara di antaranya menjadi anggota Dewan IMO, yang terbagi lagi menjadi tiga katagori yakni A, B, dan C.

Kategori A ada 10 negara yang mewakili armada pelayaran niaga internasional terbesar dan sebagai penyedia angkutan laut internasional terbesar. Kategori B diisi 10 negara yang mewakili kepentingan terbesar dalam “International Seaborne Trade".

Adapun Kategori C beranggotakan 20 negara, yang memiliki kepentingan khusus dalam transportasi laut atau navigasi, dan mewakili semua daerah geografis utama di dunia.

Menjadi anggota Dewan IMO, menurut Budi Karya dapat memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman.

Baca juga: Jelang Nataru, Menhub Minta Jajarannya Cek Kelaikan Pesawat secara Masif

Lebih lanjut,Budi juga memberikan apresiasi kepada para stakeholder serta masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang telah memberikan dukungannya selama ini.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha mengatakan bahwa pemilihan anggota Dewan IMO pada tahun 2021 ini tetap dilaksanakan dengan sistem pemungutan suara menggunakan secret ballots.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.