Kompas.com - 12/12/2021, 05:24 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Meski cek pajak kendaraan bermotor bisa dilihat dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), namun besarannya sering kali berbeda. Oleh karenanya, bagaimana cara cek pajak kendaraan online?

Sebelum membahas cara cek pajak kendaraan, mengutip situs resmi Bapenda Jawa Barat, cek pajak Kendaraan bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari pajak daerah.

Lebih lanjut, cek pajak kendaraan bermotor sebagaimana yang didefinisikan dalam Pasal 1 angka 12 dan 13 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2009 adalah pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor. Dalam pelaksanaan pemungutannya dilakukan di kantor bersama Samsat.

Kantor bersama Samsat ini melibatkan tiga instansi pemerintah, yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepolisian Daerah Republik Indonesia, dan PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja.

Baca juga: Pengertian Pajak serta Bedanya dengan Retribusi

Lalu bagaimana cara cek kendaraan bermotor online dan apa saja yang harus dipersiapkan?

Cek pajak kendaraan online

Cek pajak kendaraan online hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang pajaknya akan dibayar dan Nomor Identifikasi Kendaraan bermotor (NIK) yang tertera di STNK. Nantinya, besaran pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar akan muncul di layar ponsel saat cek pajak kendaraan bermotor.

Berikut deretan daerah yang sudah menyediakan cek pajak kendaraan online dari provinsi paling Barat hingga paling Timur Indonesia:

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Ilusrasi bayar dan cek kendaraan online via aplikasi Signal.samsatdigital.id Ilusrasi bayar dan cek kendaraan online via aplikasi Signal.

Bayar dan cek pajak kendaraan via aplikasi

Selain itu, wajib pajak juga bisa cek pajak kendaraan bermotor dan membayarnya menggunakan aplikasi Signal yang bisa diunduh di Playstore ataupun Appsore.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini antara lain adalah pelayanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Secara digital aplikasi ini memanfaatkan pangkalan data, kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang ada pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Adapun cara pembayaran dan cek pajak kendaraan via aplikasi Signal sebagai berikut:

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

  • Buka aplikasi Signal di ponsel.
  • Pastikan sudah melakukan registrasi dengan mengisi data diri, foto KTP, foto wajah pribadi, dan verifikasi via nomor ponsel dan email.
  • Selesaikan "Tambah Data Kendaraan".
  • Klik notifikasi "Lanjut Proses Pembayaran".
  • Kemudian akan muncul rincian jumlah pajak kendaraan.
  • Copy kode bayar.
  • Pilih salah satu bank untuk pembayaran cek pajak kendaraan bermotor. Klik "Lanjut".
  • Tampil "Cara Pembayaran" dan klik "Lanjut".
  • Silakan lakukan pembayaran sesuai nominal.

Demikian cara bayar dan cek pajak kendaraan online via aplikasi Signal. Sangat mudah dan akurat daripada cek pajak kendaraan bermotor secara manual dari STNK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.