Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 12/12/2021, 20:16 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri.  

Tidak ada seorang pun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Manusia selalu membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, ada kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya. 

Kerja sama itu saling melengkapi.  Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada yang membuat pakaian untuk dijual dan diperdagangkan, dan seterusnya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas memenuhi kebutuhan

Bentuk kegiatan ekonomi adalah yang dilakukan manusia meliputi tiga kegiatan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Orang atau pihak yang melakukan kegiatan ekonomi adalah pelaku ekonomi. Selanjutnya, pelaku kegiatan ekonomi terbagi menjadi lima, yaitu rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara. Di antara para pelaku tersebut, ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan distributor.

Bisa dikatakan bahwa kegiatan ekonomi adalah bukan hanya menyangkut tentang individu saja, tetapi menyangkut banyak hal termasuk menjaga roda perekonomian. 

Oleh sebab itu, sudah semestinya kalau orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah harus saling menjaga supaya setiap anggota masyarakat bisa hidup semakin sejahtera.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, contoh kegiatan ekonomi adalah bekerja, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?Dok. Shopee Kegiatan ekonomi adalah aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, contoh kegiatan ekonomi adalah bekerja, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Konsumen?

Jenis dan contoh kegiatan ekonomi

1. Produksi

Produksi dalam kegiatan ekonomi adalah setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa. Contoh kegiatan ekonomi dalam produksi seperti menanam padi  (menghasilkan), mengambil  ikan dari laut  (menambah guna tempat), menjahit kain menjadi celana (menambah guna bentuk). 

Jadi, produksi dalam kegiatan ekonomi adalah mencakup dua hal, yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa serta Menambah guna barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.