KILAS

Berdayakan UMKM dan Pelaku Pasar Tradisional, Grab Kerja Sama dengan Asparindo

Kompas.com - 13/12/2021, 19:59 WIB
Grab mengumumkan kerja sama dengan Asparindo untuk digitalisasi pasar tradisional di Indonesia. Dok Humas GrabGrab mengumumkan kerja sama dengan Asparindo untuk digitalisasi pasar tradisional di Indonesia.
|


KOMPAS.com - Grab mengumumkan program kemitraan strategis baru bersama Asosiasi Pengurus Pasar Indonesia (Asparindo) dalam rangka pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui acara penandatanganan kesepakatan, Senin (6/1/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh perwakilan Grab Indoensia, Director of GrabMart Anindita Rangkuti bersama dengan Ketua Asparindo Y Joko Setiyanto dan Direktur Eksekutif Asparindo Suhendro.

Sebagai infromasi, kesepakatan kolaboratif tersebut menjadi salah satu bentuk aksi nyata Grab dalam mendukung Asparindo mendigitalisasi pasar tradisional di Indonesia.

Baca juga: Jadi Inspirasi Perusahaan, Grab Pajang Dua Foto Mitra Difabel Asal Indonesia di Menara NASDAQ

“Bentuk kerja sama yang dilakukan termasuk partisipasi aktif Grab menyediakan akses dan layanan bagi para pelaku UMKM melalui Aktivasi Pasar Digital, Training dan Webinar Digital, serta acara lainnya,”ujar Anindita dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Seluruh layanan yang dihadirkan Grab, menurutnya bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar dan memastikan para merchant memiliki skill yang relevan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Anindita menyampaikan bahwa inisiatif kolaborasi akan dilaksanakan di pasar basah yang ada di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Sah, Grab Melantai di Bursa Saham AS

Nantinya, program kemitraan strategis tersebut juga akan mencakup partisipasi aktif Grab dalam memberikan akses pasar digital kepada para pelaku UMKM melalui beberapa program.

Pertama, aktivasi pasar digital, yakni merchant UMKM Asparindo bergabung di Grab Merchant Platform sambil berkolaborasi dengan OVO untuk menyediakan metode pembayaran digital.

Kedua, pelatihan digital, webinar, dan edukasi dalam rangka membantu meningkatkan literasi pasar digital, serta membantu memberdayakan bisnis digital meningkatkan nilai daya saing pasar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.