Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Investree Bantah Mau Masuk ke Bank Amar

Kompas.com - 13/12/2021, 21:59 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerjasama antara fintech lending dan bank tampaknya mulai berkembang tak hanya menjadi mitra channeling saja. Aksi akuisisi bank oleh fintech lending juga mulai dilirik dengan dalih memanfaatkan teknologi yang dimiliki oleh fintech untuk merubahnya menjadi bank digital.

Terbaru, beredar kabar bahwa penyelenggara fintech lending, Investree sedang melakukan negosiasi dengan PT Bank Amar Indonesia (Bank Amar). Kemungkinan, Investree bisa masuk menjadi investor baru Bank Amar melalui proses rights issue.

Bank Amar sendiri sedang berencana melakukan rights issue yang sudah mendapat restu dari pemegang saham melalui RUPSLB tanggal 12 November lalu. Rencananya, Bank Amar akan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 20 miliar saham dengan nilai nominal Rp100,00 per saham.

Baca juga: Penuhi Ketentuan Modal Inti OJK, Amar Bank Siap Right Issue

Ketika dimintai konfirmasi soal kabar ini, CEO sekaligus Co-founder Investree Adrian Gunadi membantahnya. Ia bilang pihaknya sudah terbiasa digosipkan sedang berencana untuk mengakuisisi bank.

“Gosip itu. Minggu lalu gosipnya Bank Ganesha. Semua bank buku 1 bisa digosipin,” ujar Adrian kepada Kontan, Senin (13/12/2021).

Adrian pun bilang, saat ini kerjasama Investree dengan perbankan masih sebatas mitra channeling. Memang, Bank Amar pernah menjadi lender insititusi Investree untuk memberikan fasilitas kredit.

Ditanya terkait minat Investree untuk masuk ke sektor perbankan, Adrian pun tak membantah maupun mengiyakan keinginan tersebut.

“Kita fokus channeling dan kerjasama strategis dengan bank sambil mempelajari landscape dan regulasi digital banking,” imbuh Adrian.

Baca juga: Investree Dapat Suntikan Rp 141,7 Miliar Untuk Perluas Pendanaan bagi UKM

Sementara itu, Bank Amar pun tak membantah adanya minat dari beberapa calon investor, mengingat saat ini sedang dalam proses pendaftaran rights issue dan prospektusnya akan segera diumumkan ke publik.

“Sejauh ini kami menerima banyak minat dari beberapa calon investor karena rights issue nanti untuk pemenuhan persyaratan modal inti minimum demi menghadirkan inovasi yang dapat meningkatkan dan memperkuat ekosistem digital kami,” ujar President Director Amar Bank, Vishal Tulsian. (Adrianus Octaviano)

Baca juga: Investree Genjot Kemitraan dengan Berbagai Ekosistem di 2021

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Dikabarkan akan masuk ke Bank Amar, CEO Investree: Itu gosip

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com