PLN Sudah Pulihkan Jaringan Listrik 29.908 Pelanggan Terdampak Erupsi Semeru

Kompas.com - 14/12/2021, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) telah memulihkan infrastruktur kelistrikan pasca-erupsi Gunung Semeru (4/12/2021). Sebanyak 112 gardu distribusi yang terdampak kembali beroperasi 100 persen sejak Minggu (6/12/2021).

Sementara hingga Senin (13/12/2021), total sebanyak 29.908 pelanggan PLN yang terdampak erupsi sudah dapat kembali menikmati akses listrik. Namun, masih ada 615 pelanggan yang belum dapat kembali menikmati akses listrik.

Komisaris PLN Eko Sulistyo bersama Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali Haryanto WS malakukan tinjauan langsung ke lokasi jaringan dan pos relawan kelistrikan di Lumajang.

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali Haryanto WS mengatakan, pelanggan yang belum mendapat akses listrik dikarenakan berada di zona yang belum aman, serta ada kondisi rumah-rumah pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang rusak parah.

Baca juga: BTN Telah Salurkan KPR Sebesar Rp 352 Triliun Selama 45 Tahun

"Rumah warga tersebut juga telah ditinggal penghuni mengungsi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/12/2021)

Haryanto mengatakan, pihaknya akan menunggu keputusan pemerintah setempat terkait rumah-rumah pelanggan yang berada di zona belum aman.

"Kami siap dan kooperatif membuat jaringan kelistrikan di tempat baru apabila pemerintah akan merelokasi rumah-rumah yang berada di zona belum aman, atau alternatif lainnya," kata dia.

Sementara itu, Komisaris PLN Eko Sulistyo mengapresiasi upaya personil PLN dalam memulihkan jaringan listrik di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Ia meminta personel PLN di lapangan terus semangat dalam memulihkan kondisi kelistrikan di daerah-daerah tersebut.

"Semangat untuk semua agar bisa memulihkan kondisi kelistrikan dan bisa membantu masyarakat kembali bangkit," kata Eko.

Baca juga: Sri Mulyani: Buang Uangnya di Indonesia Saja...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.