Kembangkan Ekosistem UMKM, PIP Tempuh Sejumlah Inisiatif

Kompas.com - 14/12/2021, 15:52 WIB
Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoDirektur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) melakukan sejumlah inisiatif untuk mendorong pertumbuhan ekosistem bisnis pelaku usaha UMKM.

Sejumlah inisiatif yang ditempuh oleh lembaga pembiayaan di bawah Kementerian Keuangan ini di antaranya adalah mengembangkan inkubasi bagi UMKM serta menggandeng sejumlah instansi pemerintah untuk membantu pemasaran produk.

Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menuturkan inisiatif tersebut dilakukan di samping upaya dari perseroan yang akan selalu menyediakan layanan pinjaman yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultramikro di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bahlil: UMKM Urus NIB lewat OSS Hanya Perlu E-KTP dan Gratis

"Hal ini sejalan dengan misi Pusat Investasi Pemerintah untuk menjadi koordinator pendanaan pembiayaan ultramikro yang profesional dan kredibel," kata Ririn dalam keterangan resmi, Selasa (14/12/2021).

Program Inkubasi ultramikro (UMi) yang dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Timur membantu para debitur memahami pengetahuan teknis produksi. Hasilnya, para debitur bisa meningkatkan usaha mereka.

Salah satu nasabah yang juga peserta program inkubasi ini adalah Ai Khodijah, pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka. Melalui program ini, dia mampu  meningkatkan omzet hingga dua kali lipat.

Inisiatif lain yang juga dilakukan PIP adalah menggandeng Ditjen Pajak dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan sosialisasi pinjaman ultramikro (UMi) dan kredit usaha rakyat (KUR).

“Seluruh kegiatan yang kami lakukan ini, baik melalui program kampanye 'Bersama Sahabat – UMi Bangkit' atau program lain merupakan wujud dari komitmen kami untuk memajukan dan meningkatkan kualitas dan nilai usaha para pelaku usaha ultra mikro. Kami ingin mendorong mereka agar maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka,” pungkas Ririn

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.