KILAS

Dukung Pelaku Usaha Ultra Mikro, BLU PIP dan Grab Indonesia Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 14/12/2021, 17:47 WIB
Direktur utama BLU-PIP, Ririn Kadariyah (kiri) dan Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi (kanan) menandatangani kerja sama untuk kampanye Bersama Sahabat ? UMi Bangkit untuk memperkuat sektor Ultra Mikro (UMi) Indonesia. Dok Humas GrabDirektur utama BLU-PIP, Ririn Kadariyah (kiri) dan Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi (kanan) menandatangani kerja sama untuk kampanye Bersama Sahabat ? UMi Bangkit untuk memperkuat sektor Ultra Mikro (UMi) Indonesia.


KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong perekonomian nasional, Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) bersama Grab Indonesia melakukan kerja sama.

Perjanjian keduanya disahkan melalui penandatangan perjanjian oleh Direktur Utama BLU-PIP Ririn Kadariyah dan Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi bertempat di Kantor BLU-PIP, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2021).

Sebagai informasi, kerja sama tersebut merupakan bagian dari kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” yang diinisiasi oleh BLU-PIP pada 2021.

Lewat kerja sama tersebut, kedua pihak ingin memperkuat ekosistem pelaku usaha ultra mikro (UMi) di beberapa daerah di Indonesia dan membantu debitur agar bisa bertahan di masa pandemi dan mampu melewati tantangan di masa mendatang lewat tiga program.

Pertama, penyediaan tempat usaha, baik secara luring seperti yang diaplikasikan lewat Rumah Umi Ternate, maupun daring melalui platform belanja pemerintah.

Baca juga: Berdayakan UMKM dan Pelaku Pasar Tradisional, Grab Kerja Sama dengan Asparindo

Kedua, program inkubasi pelaku usaha untuk membantu pelaku usaha melengkapi perizinan, mengelola keuangan usaha, meningkatkan kualitas, dan kapasitas usaha dan pemasaran.

Ketiga, program pelatihan branding, packaging, dan online marketing, baik melalui media sosial, maupun platform pemasaran digital melalui rangkaian "Pekan UMi Bangkit" yang telah diselenggarakan pada tanggal 2-4 November 2021 secara daring.

“Kendala yang dihadapi para pelaku usaha UMi bukan semata-mata permodalan. Masih ada beberapa hal yang lain, salah satunya adalah permasalahan dalam hal pemasaran,” ujar Ririn seperti alam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Oleh karena itu, adanya kerja sama tersebut, lanjut Ririn, diharapkan dapat meningkatkan jumlah debitur UMi yang mendapatkan manfaat dari program pemberdayaan dan pengembangan usaha yang dilaksanakan oleh BLU-PIP dan Grab Indonesia.

“Dengan kapasitas, pengetahuan, dan keterampilan yang lebih baik, pelaku usaha akan mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ekonomi digital,” tambahnya.

Baca juga: Jadi Inspirasi Perusahaan, Grab Pajang Dua Foto Mitra Difabel Asal Indonesia di Menara NASDAQ

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.