Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Kini Miliki 865.000 Merchant QRIS dari Berbagai Sektor

Kompas.com - 14/12/2021, 19:37 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Bank Mandiri (Perseri) Tbk mengakselerasi penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi merchant.

Bank pelat merah itu mencatat, sampai dengan  November 2021 lalu jumlah merchant QRIS Mandiri yang telah ter-registrasi mencapai 865.000 merchant.

Baca juga: Rincian Biaya Admin Bank Mandiri Tabungan Rupiah hingga SimPel

Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan akhir tahun 2020 sebanyak 390.000 merchant, dan telah melebihi target perluasan QRIS Bank Mandiri tahun 2021.

Baca juga: Antisipasi Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 20 Triliun

"Saat ini QRIS telah digunakan mulai dari pedagang mikro, kecil, menengah dan besar, pada berbagai sektor usaha, serta juga digunakan untuk donasi sosial keagamaan di seluruh provinsi dan kabupaten atau kotamadya," ujar Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto, dalam keterangannya, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Limit Transfer Bank Mandiri Berdasarkan Jenis Kartu: Silver GPN hingga Gold Bisnis Visa

Lebih lanjut Ia mengatakan, agar tetap mendorong pemanfaatan dan transaksi QRIS sebagai metode pembayaran, Bank Mandiri pun menggelar Cashless Fair Livin’ by Mandiri.

Baca juga: Penggunaan QRIS Diyakini Bisa Dorong Pertumbuhan Pariwisata RI

QRIS Bank Mandiri untuk alat pembayaran 9.600 tenant Thamrin City

Bank Mandiri juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Jakarta Realty, sebagai pengelola gedung pusat perbelanjaan dalam penerapan QRIS sebagai alat pembayaran service charge di sekitar 9.600 tenant di Thamrin City.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami harapkan dapat memperluas penggunaan QRIS sebagai salah satu sarana pembayaran nontunai pada masyarakat, dan mendorong kemudahan bertransaksi secara digital,” ucap Aquarius.

Sebagai informasi, berdasarkan data Bank Indonesia (BI), per November 2021, jumlah merchant pengguna QRIS telah mencapai 12,2 juta.

Angka tersebut meningkat tajam hingga 297,1 persen dibandingkan 22 Maret 2020 yang sebanyak 3,08 juta merchant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com