Kompas.com - 15/12/2021, 07:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pelaku usaha mikro merasakan manfaat program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Salah satunya yakni Yuyun Sukaesih, pelaku UMKM asal Bandung.

Pada awal pandemi Covid-19 menerjang, usaha gorengan dan kopi milik Yuyun yang berlokasi di wilayah Mall Citilink Pasir Koja, Bandung, sempat terganggu.

"Karena mal sempat tutup, saya hanya berjualan gorengan saja. Penghasilan pun jadi merosot jauh," ungkap Yuyun, dikutip Kompas.com dari siaran pers Kemenkop UKM, Rabu (15/12/2021).

Padahal, bagi Yuyun, berjualan di lokasi mal tersebut merupakan langkah maju setelah sebelumnya hanya berjualan di dekat rumah.

Baca juga: NIK dan NPWP Berbeda, Sri Mulyani: Pusing Jadi Penduduk Indonesia

Namun mimpi buruk Yuyun sirna setelah mendapat bantaun BPUM yang dicairkan melalui Bank BNI. Dengan dana Rp 1,2 juta, dia membuka kembali usahanya.

"Uang Rp 1,2 juta yang saya terima, dipakai untuk buka usaha lagi. Sempat juga jualan nasi kuning. Ke depan, saya mau buka lagi jual kopi dan rokok di area mal," kata Yuyun .

Yuyun pun mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi, Kementerian Koperasi dan UKM, PNM, serta Bank BNI, karena usahanya kini telah kembali beroperasi.

Hal serupa juga dialami Wagini, seorang pedagang sembako di Bandung. Wagini bercerita, dirinya berjualan sembako sudah belasan tahun lamanya.

"Sistem berjualannya adalah pesan kirim," ucap Wagini.

Namun sejak pandemi Covid-19, usaha Wagini merosot tajam. Hal ini karena para pelanggannya mengalami penurunan penghasilan sehingga kesulitan membeli sembako dari Wagini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.