Pertamina Tambah 7 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di Kalimantan

Kompas.com - 15/12/2021, 12:35 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menambah 7 titik lembaga penyalur BBM Satu Harga di Kalimantan. Peresmian dilakukan bersama Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas di kantor Fuel Terminal Banjarmasin pada Selasa, 13 Desember 2021.

“Dengan resminya 7 titik BBM Satu Harga yang kita lakukan ini, Pertamina bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali mewujudkan energi berkeadilan bagi saudara-saudara kita yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses untuk menikmati energi dengan harga yang terjangkau,” ujar Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Freddy mengatakan realisasi volume penyaluran BBM satu Harga meningkat setiap tahun. Pada 2021, volume BBM yang tersalurkan kepada masyarakat sudah mencapai 101.896 KL.

Baca juga: Jumlah Nasabah Tajir BNI Terus Meningkat

Pertamina menilai hal itu menunjukkan bahwa program BBM Satu Harga telah berhasil memberikan akses energi yang mudah dengan harga yang sama hingga ke wilayah 3T di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Abdul Halim dalam sambutannya menyampaikan harapannya terkait BBM Satu Harga bagi masyarakat.

“Kami menargetkan BBM Satu Harga tidak hanya dapat mendukung pemerataan energi di seluruh negeri namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di daerah tersebut,” ujarnya.

Sejak awal kehadiran program BBM Satu Harga pada 2017 hingga Desember 2021, Pertamina telah membangun total 323 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Sementara itu, 80 SPBU dibangun pada 2021. Jumlah ini melebih dari target awal yang ditentukan pemerintah yakni 76 SPBU. Pertamina sendiri ditargetkan untuk bisa membangun total 573 SPBU sampai dengan Tahun 2024.

Khusus regional Kalimantan, telah berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 23 SPBU BBM satu Harga yang tersebar di Provinsi Kalimantan Tengah sejumlah 3 SPBU, Provinsi Kalimantan Selatan sejumlah 1 SPBU, Provinsi Kalimantan Barat sejumlah 14 SPBU, dan Provinsi Kalimantan Utara sejumlah 5 SPBU.

Baca juga: Polis Jiwasraya Mulai Dialihkan ke IFG Life

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.