Erick Thohir: Tantangan Dunia seperti Film Marvel

Kompas.com - 15/12/2021, 13:10 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, tantangan dunia saat ini tak ubahnya seperti yang terjadi dalam film-film besutan Marvel yakni Avengers dan Eternals.

Hal ini disampaikan mantan bos Inter Milan itu saat menghadiri peresmian gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Rabu (15/12/2021).

Erick mengatakan, masih teringat pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, Vietnam pada 2018. Kala itu, Jokowi mengibaratkan kondisi perekonomian dunia yang mengarah perang yang tak terbatas atau infinity war dan munculnya sosok Thanos yang ingin menghancurkan populasi manusia.

Baca juga: Erick Thohir Resmikan Merah Putih Fund, Jembatan Perusahaan Indonesia Kembangkan Startup

"Tantangan dunia seperti film Marvel. Saat itu, kita perlu Avengers yang terdiri atas tokoh-tokoh seperti Thor hingga Hulk, tapi kalau kita lihat akhirnya ada film End Games yang mana tokoh-tokohnya mati dan salah satu yang jadi favorit saya, Black Widow juga meninggal," ungkap Erick Thohir.

Dia mengatakan kondisi serupa juga dialami dalam dunia nyata yang mana Indonesia banyak kehilangan 'superhero' atau tokoh-tokoh hebat akibat pandemi. Padahal, Indonesia saat ini mendapatkan tantangan baru dengan kekuatan musuh yang jauh lebih besar.

“Seperti cerita Marvel dalam film Eternals yang memuat musuh dengan kekuatan jauh lebih besar yang tidak hanya ingin menghancurkan bumi, melainkan juga seluruh galaksi. Musuh besar saat ini datang dari perubahan rantai pasok dengan globaliasi pasar yang semakin terbuka, disrupsi ekonomi yang bisa menggantikan manusia dengan robotik, dan perubahan kesempatan usaha,” ujar Erick.

Baca juga: Erick Thohir Ajak Swasta Lengkapi Ekosistem Kendaraan Listrik di RI

Selain itu, seluruh dunia juga masih menghadapi tekanan dari sektor kesehatan akibat pandemi yang mengakibatkan banyak tokoh meninggal dunia. Sama dengan Marvel yang bikin universe satu sampai empat karena dunia baru pasti penuh dengan tantangan baru, perlu superhero baru.

“Dulu kita bicara Hulk, Captain America, Iron Man, sekarang ada superhero jauh lebih powerfull, ada Ikaris hingga Thena karena musuhnya juga jauh lebih berat," jelas Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Perusahaan Korsel Tertarik Masuk ke Industri Mobil Listrik RI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.