BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Nabung Jadi Makin Mudah dengan 4 Tips Berikut

Kompas.com - 15/12/2021, 14:45 WIB

KOMPAS.com - "Bing beng bang yok kita ke bank. Bang bing bung yok kita nabung. Tang ting tung hey jangan dihitung. Tau-tau kita nanti dapat untung."

Demikian penggalan lirik lagu favorit anak-anak era 1990-an berjudul "Menabung". Lagu yang diciptakan penyanyi legendaris, Titiek Puspa, itu menjadi pengingat untuk menanamkan budaya menabung sejak dini.

Sebagai informasi, menabung merupakan salah satu budaya adiluhung bangsa Indonesia yang sudah mengakar sejak zaman Majapahit.

Budaya baik tersebut perlu tetap dijaga dan dilakukan secara disiplin. Pasalnya, kebiasaan menyisihkan uang dari pemasukan yang diperoleh bisa memberikan manfaat yang besar untuk masa depan.

Baca juga: Jenius Bank BTPN Dukung Penangkapan Polisi terhadap Terduga Pelaku Kejahatan Perbankan

Menabung dapat dilakukan untuk mempersiapkan dana darurat, dana pensiun, uang muka atau down payment (DP) rumah, biaya liburan, serta biaya pendidikan.

Salah satu wadah yang dapat dipilih untuk menabung uang untuk kebutuhan tersebut adalah bank. Terlebih, saat ini bank tidak hanya menawarkan keamanan, tetapi juga kemudahan.

Teknologi digital yang diadopsi oleh dunia perbankan memungkinkan Anda untuk membuka rekening hingga mengakses layanan keuangan lain lewat smartphone. Sekarang, Anda tinggal mengupayakan untuk konsisten menyisihkan uang ke dalam tabungan.

Berikut Kompas.com rangkum empat tips agar konsisten menabung yang bisa Anda terapkan.

1. Langsung sisihkan sebagian uang untuk ditabung setiap gajian

Ketika seseorang sudah mampu menghasilkan uang, menabung merupakan hal yang perlu dijadikan prioritas. Saat baru menerima gaji, ada baiknya Anda langsung menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Baca juga: Cara Jenius Hindari Serangan Siber yang Kini Jadi Ancaman

Melansir CNBC Make It, Selasa (11/5/2021), seseorang bisa menerapkan prinsip budgeting 50/30/20. Dalam pengelolaan keuangan tersebut, sebanyak 20 persen dari penghasilan wajib dialokasikan untuk ditabung.

Namun, jika dirasa persentase tersebut terlalu berat, mulailah untuk mengalokasikan 10 persen terlebih dahulu untuk ditabung.

Kemudian, tingkatkan secara perlahan-lahan bila pendapatan mulai meningkat atau sesuaikan dengan kemampuan. Dalam hal ini, membangun kebiasaan menabung setiap bulan merupakan langkah penting.

Setelah kondisi keuangan lebih stabil, lanjutkan dengan mulai mencicil tabungan untuk dana darurat.

Baca juga: Bangkitkan Jiwa Kreativitas Masyarakat Indonesia, Jenius Gelar Co.Creation Week 2021

2. Tentukan tujuan dan komitmen

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah menentukan tujuan menabung. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk menabung secara konsisten.

Motivasi tersebut dinilai efektif untuk membantu seseorang rajin menabung dan menahan diri untuk belanja sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Dari tujuan tersebut, kategorikan tujuan yang hendak diraih berdasarkan rentang waktu, mulai dari jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

Sebagai contoh, membeli gadget, DP rumah, pernikahan, atau jalan-jalan ke luar negeri. Setelah menentukan tujuan, kini komitmen untuk menabung menjadi semakin kuat.

Baca juga: Tingkatkan Sistem Keamanan, Jenius Tutup Sejumlah Akses

3. Kontrol pengeluaran

Salah satu sebab seseorang sulit untuk menabung adalah ketidakmampuan dalam mengontrol keuangan. Untuk mengatasinya, metode pengelolaan uang asal Jepang, Kakeibo, dapat diterapkan.

Kakeibo pertama kali populer pada 1904 dan masih relevan hingga saat ini. Tujuan penerapan metode ini adalah mengontrol pengeluaran seminimal mungkin dan mencatat setiap pengeluaran dengan cermat.

Cara menerapkan Kakeibo pun cukup mudah. Setiap awal bulan, catat pemasukan atau uang yang dialokasikan untuk satu bulan. Kemudian, bagi pengeluaran dalam empat kategori, yaitu survival, kebutuhan operasional, hiburan, dan pengeluaran tak terduga.

Setelah itu, catat pengeluaran setiap hari dan lakukan evaluasi. Catatan yang rapi dari waktu ke waktu memudahkan untuk memutuskan seberapa besar uang yang bisa ditabung.

Baca juga: Kakeibo, Cara Mengatur Keuangan Ala Ibu Rumah Tangga Jepang

4. Buka rekening khusus tabungan

Salah satu tempat atau platform yang aman untuk mengumpulkan dan menyimpan uang adalah bank.

Jenis rekening yang bisa dipilih pun kini kian beragam serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Sebagai contoh, pilih bank yang memberi kemudahan buka rekening lewat smartphone, gratis tarik tunai dan transfer antarbank, tidak ada saldo mengendap, serta bisa tarik tunai di anjungan tunai mandiri (ATM) bank apa saja.

Untuk mewujudkan rencana keuangan dan tabungan di masa depan, lebih baik lagi bila memiliki rekening tabungan yang memiliki fitur khusus untuk menabung. Misalnya, rekening Jenius dari Bank BTPN.

Baca juga: Marak Kasus Pembobolan Rekening, Sejumlah Fitur Jenius Disesuaikan

Untuk diketahui, Jenius merupakan platform layanan perbankan digital dari Bank BTPN. Layanan ini memberikan Anda kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone dengan mudah, aman, dan cerdas.

Jenius memiliki fitur Save It yang bisa digunakan untuk menabung. Fitur tersebut menawarkan tiga pilihan jenis tabungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yakni Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Flexi Saver adalah tabungan fleksibel yang bisa disetor atau ditarik kapan saja. Anda bisa mengalokasikan uang hingga 3 tabungan dengan bunga 2,5 persen per tahun.

Adapun sejumlah keuntungan yang ditawarkan Flexi Saver di antaranya adalah setoran awal tanpa saldo minimum, bebas tarik kapan pun tanpa penalti, bisa tarik seluruh uang tanpa saldo mengendap, serta dapat membuat hingga tiga tabungan.

Baca juga: Simak, Ini Cara Buka Rekening Jenius lewat Ponsel

Selain itu, ada juga Dream Saver. Dengan memanfaatkan Dream Saver, Anda bisa menabung secara otomatis untuk mewujudkan impian dengan bunga 2,5 persen per tahun dengan saldo awal mulai dari Rp 1.

Anda juga bebas untuk menentukan besaran atau periode setoran autodebet, tarik kapan pun tanpa penalti, serta bebas membuat hingga lima tabungan.

Berikutnya, Maxi Saver yang dapat menjadi salah satu cara mudah untuk berinvestasi. Dengan fitur ini, Anda dapat membuka deposito di Jenius dengan tawaran bunga hingga 4 persen per tahun hanya dalam waktu 60 detik.

Caranya mudah, cukup pindahkan uang dari saldo aktif ke Maxi Saver tanpa harus ke bank dan tanpa persyaratan tambahan.

Baca juga: Nasabah Prioritas BTPN Bisa Transfer Antarbank hingga Rp 600 Juta lewat Jenius

Anda juga bisa membuat Maxi Saver sebanyak yang diinginkan dan mendapatkan advis elektronik sebagai bukti kepemilikan yang sah.

Jenius meyakini bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengelola keuangan termasuk dalam menabung #LakukanDenganCaramu.

Karenanya, Jenius menghadirkan beragam fitur menabung yang membantu masyarakat digital savvy dapat menabung dengan lebih simpel, cerdas, dan aman.

Dengan deretan fitur tersebut, para digital savvy dapat menabung sekaligus berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik berupa iPhone 13 melalui program “PUNDI Jenius” – Penuh Untung di Jenius.

Baca juga: Ini Strategi Jenius BTPN Bersaing di Tengah Maraknya Bank Digital

Untuk diketahui, “PUNDI Jenius” – Penuh Untung di Jenius merupakan program undian berhadiah yang diselenggarakan oleh Jenius dari Bank BTPN yang bisa diikuti seluruh nasabah Jenius dengan meningkatkan saldo rata-rata setiap bulan selama periode 9 November 2021 – 31 Desember 2021.

Terdapat 11 level saldo rata-rata yang dapat dicapai oleh nasabah dalam program PUNDI Jenius. Setiap satu kenaikan level, nasabah akan mendapatkan satu kesempatan undian untuk memenangkan hadiah.

Sebagai informasi, pengundian pertama untuk periode perhitungan saldo rata-rata Oktober sampai dengan November 2021 dilakukan Selasa (14/12/2021). Pada tahap pertama, Jenius telah menyiapkan 22 iPhone 13 128 GB sebagai hadiah untuk para pemenang program.

Sementara, pengundian kedua untuk periode perhitungan saldo rata-rata November sampai dengan Desember 2021 dilaksanakan Jumat (14/1/2022). Hadiah yang disiapkan Jenius untuk para pemenang periode ini adalah 31 iPhone 13 128 GB.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.