BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Biar Bisnis Lancar, Manfaatkan Outward Remittance untuk Pembayaran Pembelian Bahan Baku dari Luar Negeri

Kompas.com - 15/12/2021, 18:39 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi seorang pengusaha, terutama di sektor produksi, bahan baku merupakan unsur penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, bahan baku berkaitan langsung dengan kualitas produk.

Tak heran, pengusaha selalu mencari bahan baku berkualitas terbaik, bahkan hingga ke mancanegara.

Khusus pembelian bahan baku dari luar negeri, prosesnya tentu berbeda ketimbang bila melakukannya di dalam negeri. Pengusaha perlu mencari penyuplai bahan baku terbaik, memilih layanan logistik, mengurus perizinan impor, serta tak kalah penting memikirkan sistem dan metode pembayaran paling efektif dan efisien.

Khusus pembayaran, pengusaha juga harus mengetahui berbagai ketentuan dalam perdagangan internasional atau international commercial terms. Pasalnya, hal ini juga turut memengaruhi total biaya yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Adaptif dan Inovatif, Berikut Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (12/7/2021), terdapat berbagai sistem pembayaran dalam perdagangan internasional.

Pertama, cash in advance. Pembayaran dengan sistem ini dilakukan di muka sebelum barang dikirim oleh penjual atau eksportir. Pembayaran bisa dilakukan secara penuh atau sebagian.

Kedua, letter of credit (L/C). Sistem ini menggunakan jaminan bank atas nama importir. L/C diterbitkan oleh bank sebagai jaminan pembayaran kepada eksportir.

Adapun tiap bank punya ketentuan masing-masing. Oleh karena itu, importir harus pula memahami ketentuan L/C tersebut.

Ketiga, documentary collection (D/C). Sistem pembayaran ini mengharuskan eksportir menyerahkan dokumen terkait pengiriman barang ke bank eksportir. Selanjutnya, pihak bank eksportir akan meneruskannya ke bank importir untuk melakukan perintah bayar.

Baca juga: Bisa Transfer Valas hingga 14 Mata Uang, Begini Kemudahan Transaksi Pakai Internet Banking bagi Pebisnis

Keempat, open account. Pada sistem ini, barang dikirim terlebih dahulu oleh eksportir dan transaksi pembayaran dilakukan usai menerima barang tersebut.

Kelima, konsinyasi. Sistem ini mengharuskan eksportir mengirim barang terlebih dahulu dan pembayaran akan dilakukan oleh importir jika barang terjual.

Dari kelima sistem tersebut, pengusaha bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan bisnis. Bila sudah memilih, kini saatnya memikirkan metode pembayaran yang efektif dan efisien.

Adapun layanan perbankan yang banyak digunakan importir dalam transaksi bisnis luar negeri adalah outward remittance.

Pasalnya, layanan tersebut memiliki berbagai keuntungan, yakni pengiriman uang yang mudah dan cepat, menjamin keamanan bertransaksi, serta biaya pengiriman yang rendah. Transfer uang ke luar negeri pun dapat diterima oleh eksportir pada hari yang sama.

Keuntungan kirim uang valas pakai KlikBCA Bisnis

Salah satu bank yang menyediakan layanan outward remittance terbaik adalah PT Bank Central Asia atau Bank BCA. Bank BCA memiliki layanan outward remittance melalui KlikBCA Bisnis.

Layanan Outward Remittance BCA melayani pengiriman uang dalam 14 mata uang asing, yakni dollar Australia (AUD), dollar Kanada (CAD), franc Swiss (CHF), yuan China (CNY), krona Denmark (DKK), euro (EUR), pound sterling Inggris (GBP), dollar Hong Kong (HKD), yen Jepang (JPY), dollar Selandia Baru (NZD), riyal Saudi Arabia (SAR), krona Swedia (SEK), dollar Singapura (SGD), dan dollar Amerika Serikat (USD).

Baca juga: Inovasi Layanan Perbankan, Bisa Transaksi Valas Langsung dari Rumah

Adapun layanan outward remittance melalui KlikBCA Bisnis memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, pengiriman valas dengan biaya ringan dan kurs cantik.

Kedua, transaksi kiriman valas semakin lancar karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja via KlikBCA Bisnis.

Ketiga, KlikBCA Bisnis dapat melayani transaksi outward remittance dengan sumber dana valas di atas 100.000 dollar Amerika Serikat. Pengguna cukup mengisi surat pernyataan untuk menggunakan layanan ini.

Keempat, KlikBCA Bisnis menyediakan pilihan transfer secara Full Amount. Dengan fitur ini, valas yang dikirim akan diterima secara utuh. Jadi, transaksi bisnis bisa #MakinLancar.

Kelima, layanan internet bisnis khusus pebisnis tersebut juga menyediakan fitur Value Today. Dengan fitur ini, kiriman valas dapat diterima di hari yang sama pada saat valas dikirimkan.

Bagi pengguna yang sudah memiliki KlikBCA Bisnis, fitur kiriman valas dapat diaktifkan dengan mengisi formulir KlikBCA Bisnis untuk selanjutnya diproses oleh kantor cabang BCA.

Dengan layanan outward remittance di KlikBCA Bisnis, kini transaksi bisnis internasional tak lagi jadi kendala.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman KlikBCA Bisnis atau hubungi Halo BCA (021) 15008888.


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com