Kompas.com - 16/12/2021, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas naik pada perdagangan Kamis (16/12) pagi. Pada pukul 07.20 WIB, harga emas untuk pengiriman Februari 2022 di Commodity Exchange ada di harga 1.780,10 Dollar AS per ons troi, atau naik 0,88 persen dari sehari sebelumnya yang ada di 1.764,50 Dollar AS per ons troi.

Kenaikan harga emas ini menghapus kerugian karena dolar tergelincir, setelah investor menilai sejauh mana nada hawkish Federal Reserve dalam pertemuan Rabu (15/12/2021) kemarin.

Baca juga: Emas Murni atau Berlian, Mana yang Lebih Mahal?

Mengutip Bloomberg, pembuat kebijakan Federal Reserve dalam sebuah pernyataan di akhir pertemuan dua hari mereka, memutuskan untuk mengakhiri program pembelian aset mereka lebih awal dan menandakan laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat.

Harga emas, yang tergelincir dalam beberapa pekan terakhir di tengah kekhawatiran atas berkurangnya dukungan moneter dari bank sentral kembali mendapat pijakan setelah aksi jual awal pada sinyal Fed.

"Pasar emas pulih dari penurunan awal, karena Fed tampaknya hanya sedikit lebih hawkish dari harga pasar," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas global TD Securities seperti dikutip Bloomberg.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Dalam proyeksi yang diterbitkan bersamaan dengan pernyataan The Fed menunjukkan, para pejabat memperkirakan kenaikan suku bunga tiga perempat poin pada tahun depan.

"Tampaknya pasar emas percaya bahwa inflasi akan meningkat, tetapi terkendali, yang seharusnya memungkinkan bank sentral AS untuk mempertahankan akomodasi," kata Melek.

"Suku bunga riil akan bergerak lebih tinggi, tetapi sangat negatif di kurva jangka pendek. Ini akan menjadi lingkungan yang layak untuk emas," katanya. (Herlina KD)

Baca juga: Lanjutkan Kenaikan, Harga Emas Dunia Masih di Bawah 1.800 Dollar AS

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga emas naik pada Kamis (16/12) pagi, investor menangkap nada hawkish The Fed

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.