6 Orang Terkaya Paling Muda di Indonesia, Nomor 1 Bos Kelapa Sawit

Kompas.com - 16/12/2021, 09:36 WIB
Deretan orang terkaya paling muda dari Indonesia yang masuk daftar pengusaha paling tajir versi Forbes ANDREAN KRISTIANTODeretan orang terkaya paling muda dari Indonesia yang masuk daftar pengusaha paling tajir versi Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com – Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Meski di tengah pemulihan ekonomi, total kekayaan para taipan mencatatkan rekor baru.

Dikutip dari laman Forbes, Kamis (16/12/2021), kekayaan kolektif pengusaha super kaya di Indonesia mencapai 162 miliar dollar AS atau Rp2.327 triliun (dalam kurs Rp14.365 per dollar AS) tahun ini. Naik 21 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 133 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.875 triliun.

Para konglomerat yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia memang masih didominasi wajah-wajah lama. Namun demikian, Forbes juga mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia dengan usia paling muda.

Baca juga: Deretan 10 Negara Terkaya di Dunia 2021

Berikut ini daftar profil 6 orang terkaya paling muda di Indonesia:

1. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono berada di urutan pertama dalam kategori usia paling muda. Meski usianya baru 45 tahun, Ciliandra berhasil menempati posisi ke-24 orang terkaya Indonesia.

Sumber kekayaan terbesar Ciliandra berasal dari perkebunan sawit. Dia merupakan generasi kedua yang mewarisi perusahaan sawit dari ayahnya, Martias. Ciliandra merupakan CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura yang banyak menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

First Resources sendiri dirintis ayahnya sejak dua dekade silam. Perusahaan ini memiliki puluhan pabrik pengolahan sawit yang banyak tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga: Miris, Banyak Orang Kaya di RI Tak Punya NPWP

Dikutip Kompas.com dari catatan Forbes, Kamis (16/12/2020), total pundi-pundi kekayaannya sebesar 1,83 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 26,2 triliun.

Sebelum terjun mengelola bisnis warisan ayahnya, Ciliandra sempat meniti karir di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura. Dia tercatat sebagai Senior Scholar di bidang Ekonomi dan pernah dianugerahi PriceWaterhouse Book saat masih berada di Universitas Cambridge.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.