Marina Budiman, Wanita Pendatang Baru di Daftar Orang Terkaya RI

Kompas.com - 16/12/2021, 09:48 WIB
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Beberapa ada jajaran pendatang baru di daftar ini, seperti Marina Budiman.

Marina Budiman merupakan seorang pengusaha wanita yang tahun ini memiliki kekayaan 1,5 miliar dollar AS setara Rp 21,48 triliun. Dengan demikian Marina Budiman menempati posisi nomor 30 orang terkaya di Indonesia.

Bisnis yang digeluti Marina Budiman hingga bisa masuk ke jajaran orang terkaya ini adalah perusahaan pusat data, PT DCI Indonesia (DCII). Marina Budiman merupakan presiden komisaris di perusahaan yang dia dirikan bersama Otto Toto Sugiri pada 2011.

Mengutip Forbes, dari initial public offering (IPO), DCII berhasil mencetak tiga dari empat pendatang baru dalam daftar tahun ini. DCII baru melantai di Bursa Efek Indonesia pada 6 Januari 2021 dengan harga penawaran IPO Rp 420 per sahamnya.

Baca juga: 10 Film dengan Modal Cekak Namun Untung Besar

Namun kini harga saham DCII sudah meroket menjadi Rp 39.500 per saham. Meskipun pada hari pertamanya, saham DCII langsung kena auto reject atas (ARA) setelah melesat naik 25 persen ke posisi Rp525.

Selain Marina Budiman, ada Otto Toto di nomor 19 sebesar 2,5 dollar AS dan Han Arming Hanafia di peringkat 37 sebesar 1,19 miliar AS. Mereka bertiga pun melakukan debut di tengah peningkatan saham perusahaan.

Dikutip dari situs resminya, DCII adalah perusahaan penyedia data center terkemuka di Indonesia.

Didirikan sebagai pemicu bagi komunitas bisnis, DCII menyediakan layanan infrastruktur pusat data cloud dan operator netral yang handal, berjejaring dengan baik, dan dikelola dengan baik di Indonesia.

Baca juga: 10 Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Menjadi pusat data Tier-IV pertama di Asia Tenggara, DCII hadir untuk menyediakan layanan pusat data kelas dunia. DCI adalah pusat data yang sengaja dibangun dengan total lahan 8,5 hektare.

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, DCII terus meningkatkan pelayanan dan menambah gedung dengan total daya 300 MegaWatt. DCII mengamankan dan menjaga aset berharga pelanggannya tersedia setiap saat.

Gedung Data center DCI Indonesiadok DCI Indonesia Gedung Data center DCI Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.