Per Desember 2021, Bulog Serap 17.000 Ton Jagung Petani

Kompas.com - 16/12/2021, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perum Bulog menyerap 17.000 ton jagung produksi dalam negeri per tanggal 15 Desember 2021.

Penyerapan jagung itu dilakukan di empat wilayah sentra produksi jagung di Indonesia yaitu di Lampung 860 ton, Jawa Tengah 6.694 ton, Jawa Barat 236 ton, dan Jawa Timur 9.215 ton.

“Dari target 30.000 ton penyediaan dan penyaluran jagung, Bulog sudah menyepakati kontrak penyerapan jagung ini sebanyak 30.500 ton dan dari jumlah kontrak tersebut sudah masuk sebanyak 17.000 ton ke Bulog dan juga sudah langsung disalurkan kepada Peternak/Koperasi Peternak sebanyak 16.000 ton," kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Tanam Jagung di Jeneponto, Jokowi Harap Produksi Jagung di Sulsel 1,8 Juta Ton

Hal tersebut sesuai penugasan dari pemerintah kepada Bulog dalam penyediaan pasokan dari produksi dalam negeri dan penyaluran jagung.

Bulog mendapatkan penugasan untuk penyediaan pasokan jagung dan penyaluran jagung bersubsidi pada peternak sasaran melalui Koperasi Peternak Sasaran yang ditunjuk sesuai harga jual jagung kepada peternak yang sudah ditetapkan oleh Presiden .

“Tingginya harga jagung di petani ini diharapkan mencerminkan kesejahteraan petani jagung, namun di sisi lain berdampak kepada ribuan peternak mandiri yang kelimpungan dengan kenaikan harga pokok produksi, untuk itu Bulog mendapat penugasan penyediaan pasokan dan penyaluran jagung tersebut dengan selisih harganya akan dibiayai pemerintah sebagai subsidi ke peternak sasaran," kata dia.

Baca juga: Pemerintah Bangun Kawasan Budidaya Jagung Seluas 1.200 Hektar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.